HOME » BERITA » IBARAT DI ARENA RACE, MEMBANGUN UKM PERLU TAKTIK BRILIAN: KEMUDIKAN DENGAN LIHAI

Ibarat di Arena Race, Membangun UKM Perlu Taktik Brilian: Kemudikan dengan Lihai

Senin, 28 September 2020 00:01 Editor : Iwan Tantomi
credit via pixabay/mibro

OTOSIA.COM - Taktik brilian untuk menjadi pemenang bukan hanya perlu diterapkan ketika berlaga di atas arena race saja. Lebih dari itu, juga penting diperlukan saat merintis usaha. Apalagi menjadi pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) bukan hal yang mudah. Hal ini karena untuk menuju garis finish kesuksesan diperlukan perjuangan yang tak kenal lelah.

Jika dalam arena race, diperlukan kemampuan yang lihai dalam mengemudikan kendaraan, maka hal yang sama juga perlu kamu terapkan saat mulai membangun UKM. Beberapa taktik brilian berikut ini bisa kamu terapkan, agar kesuksesan berwirausaha bisa lekas kamu dapatkan.

Mempersiapkan Model Bisnis

credit via pixabay/kaboompics

Sebelum benar-benar terjun menjalankan bisnis, akan lebih baik jika dikonsep secara matang. Pertimbangkan model bisnis seperti apa yang ingin kamu jalankan. Kamu bisa berperan sebagai creator, jika memang usaha yang ingin dijalankan adalah memproduksi barang langsung. Sementara, jika ingin fokus ke penjualan produk tanpa perlu repot memproduksi sendiri, kamu bisa mengarahkan model bisnismu ke product sales. Selain itu, model bisnis yang dijalankan juga bisa diarahkan ke consumer services apabila ingin memberikan pelayanan jasa bagi konsumen, maupun business services jika ingin memenuhi kebutuhan pelaku bisnis.

Think Out of The Box

credit via pixabay/kaboompics

Setelah menemukan model bisnis yang tepat, tentukan dengan memilih ide bisnis yang ingin kamu geluti. Cobalah pikirkan ide bisnis yang unik, bisa bertahan dalam jangka waktu lama, serta tak mudah ambruk saat tak lagi sesuai dengan tren pasar. Misalnya, jika kamu memilih berbisnis di bidang fashion, hadirkan ciri khas dan kualitas yang sekiranya bisa membuat seseorang mudah mengingat keunikan dari produkmu. Bikin bagaimana caranya konsumen bisa bangga saat menggunakan brand yang kamu bangun. Think out of the box juga bisa diaplikasikan dengan melihat lini bisnis yang banyak dibutuhkan, tetapi masih sedikit pelaku usahanya, misalnya perlengkapan bayi, skin care halal, dan sebagainya.

Organisir Segalanya dengan Baik

credit via pixabay/startupstockphotos

Banyak orang mampu membuat rencana bisnis dengan matang, tetapi tak sedikit yang kesulitan menjalankannya dengan baik dan terorganisir. Bisa jadi minimnya pengalaman berbisnis turut menjadi salah satu faktornya. Kamu bisa mengandalkan konsultan profesional atau berkonsultasi langsung dengan para pelaku usaha yang sukses lebih dulu, agar bisa menjelankan rencana bisnis secara terorganisir, hingga akhirnya mampu mendulang kesuksesan.

Selalu Siap dengan Kemungkinan Terburuk

credit via pixabay/nattanan23

Sama halnya arena race dengan banyak tikungan yang kadang juga bisa gagal saat melewatinya, dalam bisnis juga harus siap mengalami beragam kemungkinan terburuk. Jangan cepat puas dengan keuntungan sesaat, karena kerugian bertubi-tubi juga bisa menghampiri. Untuk itu, seringlah melakukan evaluasi, guna terus mendapatkan inovasi, agar bisnis yang dijalankan selalu diminati pasar.

Butuh kemudi lihai memang untuk menjadi pelaku UKM yang sukses. Sebagai bentuk dukungan dan apresiasi bagi mereka yang terus konsisten menjalani bidang ini, bersiaplah buat menyambut penyelenggaraan Kreatif Lokal Award. Agenda yang menjadi rangkaian acara Adira Finance Festival Kreatif Lokal (FKL) 2020 ini digelar dalam rangka mendukung UKM dan generasi muda, agar bersama bangkit membangun perekonomian Indonesia.

FKL 2020 akan menjadi ajang penting banget bagi para pelaku UKM yang sedang merintis untuk memajukan usaha mereka, khususnya buat kamu yang bergerak di bidang UKM Otomotif.

FKL 2020 dipastikan dapat menjadi ajang bagi pelaku usaha agar memiliki daya saing lebih baik di pasar global. Sedangkan untuk risiko pada tempat usaha, PT Asuransi Adira Dinamika Tbk. (Adira Insurance) melalui Arthacillin siap melindungi tempat usaha pelaku UKM beserta isinya dari beragam risiko, seperti kebakaran, petir, ledakan, kejatuhan pesawat terbang, asap, kerusuhan, pembongkaran, maupun tanah longsor.

credit: Adira Finance

Tidak hanya itu, melalui asuransi ini, pelaku UKM juga mendapatkan jaminan akibat kecelakaan yang menyebabkan kematian, serta cacat tetap bagi tertanggung dan anggota keluarga. Sebab melindungi tempat usaha menjadi krusial bagi Creativepreneur.

Pada FKL 2020 kali ini akan ada 6 kategori usaha yang bisa mengikuti Kreatif Lokal Award, yaitu Kuliner, Fashion, Kriya, fotografi, Video dan Pertunjukan.

Credit via Unsplash/Husna Iskandar

Pemenang terpilih akan mendapatkan business coaching, program pendampingan bersama Kemenparekraf, lapak online di BukaLapak, sampai eksposur di media seputar produk dan usaha mereka.

Sementara itu, Kreatif Lokal Award di FKL 2020 ini terbagi dalam empat tahap, yaitu penjaringan yang berlangsung pada Agustus-September 2020, penjurian pada 18 dan 25 Oktober 2020, penghargaan pada 13 November 2020, serta festival pada Januari 2020.

Adapun tahap penjaringan tengah berlangsung saat ini dengan target 1.000 peserta. Jadi tunggu apalagi, yuk raih kemudi yang pas untuk mendapatkan kesuksesan dalam membangun UKM dengan taktik brilian sekarang juga. Yuk, daftarkan diri segera beserta cek ketentuan dan syarat dari acara FKL 2020 selengkapnya di sini.

(kly/tmi)