HOME » BERITA » IDE KREATIF CHEVROLET DALAM MENGIRIM MOBIL

Ide Kreatif Chevrolet Dalam Mengirim Mobil

Selasa, 25 April 2017 20:45

Ide Kreatif Chevrolet Dalam Mengirim Mobil
Foto: General Motors
Editor : Fitradian Dhimas

Otosia.com - Mobil yang telah diproduksi biasanya disalurkan dari pabrik ke showroom melalui truk trailer yang mengangkut mobil. Namun, General Motors memiliki gagasan yang cukup unik.

Di era 1970an, pabrikan mobil mengangkut produknya memakai truk trailer dengan kapasitas angkut hanya 6 mobil saja. General Motors merasa pengiriman dengan cara tersebut sangat tidak efisien serta memakan biaya banyak dikarenakan harus memakai banyak truk.

Dari situ muncul lah ide untuk mengirim melalui kereta. Namun, bukan sembarang kereta. Kereta tersebut telah dirancang dengan gerbong khusus yang dapat memuat banyak mobil.

Tidak tanggung-tanggung, didalam gerbong tersebut dapat memuat sebanyak 30 mobil sekaligus dalam sekali jalan dalam satu gerbong saja.

Hal tersebut dapat dicapai dengan 15 pintu vertikal yang dibuka dengan alat berat di satu sisinya, dengan dua sisi, membuatnya memiliki 30 pintu. Di balik satu pintunya terdapat satu mobil pula.

Untuk memuluskan hal tersebut, General Motors membangun mobil khusus yang dapat masuk ke dalam gerbong tersebut. Hal ini perlu dilakukan karena mobil-mobil yang nantinya diangkut akan diposisikan secara vertikal atau miring dengan arah hidung mobil di bawah.

Dan lagi, General Motors ingin mobil-mobil tersebut diangkut dengan keadaan cairan penuh sehingga dapat langsung digunakan.

Hasilnya adalah Chevrolet Vega 1970 memiliki banyak onderdilnya yang unik. Seperti, posisi aki yang dirancang agar isinya tidak tumpah, kemudian posisi oli yang disesuaikan agar tidak masuk ke dalam silinder mesin, serta pengaturan cairan untuk kaca depan agar tidak tercecer.

30 Chevrolet Vega sukses diangkut melewati penjuru Amerika Serikat. Proses pengiriman yang unik tersebut membuat Chevrolet Vega memiliki harga yang terjangkau dan membuatnya populer.

Sayangnya, setelah Chevrolet Vega meluncur, baru diketahui bahwa mobilnya sendiri memiliki banyak kekurangan. Di antaranya seperti daya tahannya yang lemah, mudah berkarat, serta keamanan penumpang yang tidak terjamin.

Setelah beberapa kali recall, akhirnya Chevrolet Vega dipensiunkan pada 1977. Dengan berhentinya produksi Vega, maka berhenti pula sistem pengiriman vertikal dengan kereta. Amat disayangkan dengan sistem unik tersebut, mobil murah keluaran General Motors lebih terkenal akan ketidak-handalannya.

(kpl/fdk)







Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2017-4-25
detail

BERITA POPULER