HOME » BERITA » 10 IDE IKLAN PENJUALAN MOBIL, WAJIB DICOBA UNTUK STRATEGI PEMASARAN

10 Ide Iklan Penjualan Mobil, Wajib Dicoba untuk Strategi Pemasaran

Agar dapat memaksimalkan penjualan mobil, tentu para penjual harus mengetahui dulu apa itu iklan. Nah, berikut ini ulasannya beserta ide-ide iklan

Selasa, 11 Agustus 2020 18:15 Editor : Ahmad Muzaki
10 Ide Iklan Penjualan Mobil, Wajib Dicoba untuk Strategi Pemasaran
Ilustrasi penjualan mobil (consumerreports.org)

OTOSIA.COM - Apa itu iklan? Hal ini tentu harus dipahami oleh tim yang bertugas sebagai marketing di industri otomotif. Sebab bisa memengaruhi strategi pemasaran dan penjualan mobil-mobil yang dipasarkan. Semakin bagus iklan yang digunakan, tentu para konsumen semakin tertarik dengan produk yang ditawarkan.

Sebab itulah, industri otomotif yang terus bertumbuh di Indonesia tak akan bisa lepas dari pengiklanan. Tak heran juga, saat ini macam-macam iklan yang ada sangat beragam dan menarik, mulai dari video peluncuran mobil hingga promo menarik.

Oleh karena itu, para pabrikan otomotif jelas tak bisa meremehkan iklan. Mereka harus bisa menarik para konsumen untuk membeli mobil-mobilnya dengan konsep pemasaran yang unik dan menguntungkan. Hal itu cukup penting sebab konsumen selalu ingin diuntungkan. Tentunya bisa dilakukan dengan berbagai promo dan hadiah yang ditawarkan.

Saking pentingnya, lantas apa itu iklan? Iklan sendiri merupakan segala bentuk informasi yang bertujuan untuk membujuk khalayak umum atau calon konsumen agar mau menggunakan produk/jasa yang sedang ditawarkan.

Kemudian, agar semakin memaksimalkan penjualan mobil, ini 10 ide iklan yang patut dicoba oleh produsen otomotif atau dealer kendaraan. Berikut ulasannya yang dilansir dari Graphicexpertsbd.com.

1 dari 10 Halaman

Iklan di Televisi

Graphicexpertsbd.com

Media iklan yang patut dicoba tentu adalah melalui televisi. Memang biaya yang dikeluarkan cukup besar untuk model pemasaran seperti ini, namun TV menjadi salah satu media efektif untuk memasarkan sebuah produk.

Selain itu, televisi juga membantu para pabrikan mobil atau dealer untuk menjangkau konsumen lebih luas, dari yang di perkotaan hingga pedesaan.

2 dari 10 Halaman

Iklan Video

Graphicexpertsbd.com

Video saat ini menjadi model pengiklanan yang cukup ramai digunakan. Selain itu, media tersebut juga cukup efektif. Hanya saja, video yang ditampilkan harus memiliki kualitas yang bagus, jika tidak tentu akan merusak peluang dan maksud dari video tersebut diciptakan.

Menariknya lagi, iklan video juga bisa menghemat pengeluaran pabrikan atau dealer mobil. Karena video yang sudah jadi tinggal diunggah di Youtube.

3 dari 10 Halaman

Iklan di Media Sosial

Graphicexpertsbd.com

Media sosial juga bisa menjadi bagian strategi pemasara mobil-mobil yang dijual. Oleh sebab itu, tak heran jika dealer atau produsen mobil sudah memiliki akun jejaring sosial sendiri, mulai dari Facebook hingga Instagram.

Di dalamnya diunggah berbagai macam promosi, brosur, dan tentunya mobi-mobil yang dipasarkan. Namun perlu digaris bawahi, foto dan video yang diposting harus memiliki kualitas yang bagus. Karena hal itu menjadi poin penting di pemasaran melalui media sosial.

4 dari 10 Halaman

Obral Akhir Tahun

Graphicexpertsbd.com

Macam-macam iklan yang cukup efektif dilakukan untuk menggaet konsumen adalah obral akhir tahun. Dealer atau produsen mobil bisa menawarkan hadiah, diskon, kupon, voucher, atau apapun yang bisa menarik minat konsumen.

5 dari 10 Halaman

Sponsor

Graphicexpertsbd.com

Jika mobil-mobil yang dipasarkan ingin dikenal banyak orang, cara efektif lainnya adalah dengan menjadi sponsor, baik itu dalam acara olahraga, televisi, ataupun di Youtube. Contohnya pun sudah banyak, seperti klub papan atas Eropa yang disponsori oleh merek mobil ternama, salah satunya adalah Manchester United yang bekerjasama dengan Chevrolet.

6 dari 10 Halaman

Kontes Mobil

Graphicexpertsbd.com

Kontes mobil menjadi salah satu ide efektif dalam mengenalkan produk ke masyarakat. Selain itu, dealer atau produsen otomotif bisa melakukan survei di sini, sehingga mengetahui mobil-mobil apa saja yang diminati dan apakah target penjualan sudah bisa didapatkan.

Tidak hanya sebagai media iklan, kontes mobil juga berfungsi sebagai hiburan. Sebab biasanya acara seperti ini didukung juga dengan acara live musik dengan mengundang grup band atau musisi ternama. Bagaimana, secara tidak langsung menjadi media pemasaran yang cukup efektif bukan?

7 dari 10 Halaman

Optimasi Situs

Graphicexpertsbd.com

Situs resmi dealer mobil pasti menjadi rujukan para calon konsumen untuk mencari informasi terkait mobil yang akan dibeli. Oleh sebab itu, website yang dikelola harus dioptimalkan perannya. Paling tidak situs-situs tersebut sudah menerapkan SEO dasar. Sehingga bisa muncul di urutan pertama saat pencarian di search engine.

8 dari 10 Halaman

Hadiah Mobil

Graphicexpertsbd.com

Model iklan dan promosi jadul yang hingga kini masih diterapkan adalah undian hadiah mobil. Banyak orang yang tentunya akan tertarik, paling tidak mereka akan berusaha menguji keberuntungannnya. Ini merupakan trik mudah untuk meningkatkan penjualan. Karena secara tidak langsung merek mobil mulai terangkat dan dipercaya konsumen.

9 dari 10 Halaman

Voucher Hadiah

Graphicexpertsbd.com

Kemudian dealer mobil juga dapat memanfaatkan iklan melalui voucher hadiah. Bisa menawarkan voucher hadiah untuk pembelian mobil atau potongan harga. Harapannya konsumen yang telah menggunakan voucher tersebut akan menghubungi lagi ketika mau membeli mobil baru.

10 dari 10 Halaman

Perayaan Ulang Tahun

Graphicexpertsbd.com

Perayaan ulang tahun dealer menjadi salah satu model iklan yang cukup populer dilakukan. Sebab biasanya akan banyak promo yang ditawarkan. Selain itu, showroom bakal dihias dengan berbagai ornament dan hal tersebut bisa menarik perhatian calon konsumen.

Belum lagi jika kegiatan-kegiatan selama perayaan diunggah di sosial media. Pasti bakal semakin banyak masyarakat yang tertarik untuk memanfaatkan promo yang diberikan dalam membeli mobil impian.

BERI KOMENTAR