HOME » BERITA » IKONIK, SIRKUIT NARDO DIPAKAI LAGI BUAT UJI KENDARAAN MASA DEPAN

Ikonik, Sirkuit Nardo Dipakai Lagi Buat Uji Kendaraan Masa Depan

Nardo Technical Center kembai beroperasi. Sirkuit Nardo tak hanya untuk mengetes mobiil Porsche saja, tapi merek lain. Bahkan untuk mobil-mobil masa depan.

Selasa, 16 Juli 2019 08:15 Editor : Dini Arining Tyas
Ikonik, Sirkuit Nardo Dipakai Lagi Buat Uji Kendaraan Masa Depan
Nardo Technical Center (Carscoops)

OTOSIA.COM - Butuh dana yang tak sedikit untuk merenovasi Sirkuit ikonik Nardo Technical Center, mencapai hampir USD 40 juta atau sekitar Rp 560 miliar. Porsche butuh waktu tujuh bulan untuk merenovasi Nardo.

Biaya besar itu tak hanya untuk memperbaiki trek Sirkuit Nardo saja, ada beberapa pembenahan dan penambahan konstruksi. Kini setelah selesai, Porsche mengumumkan membuka kembali Nardo yang berlokasi di Italia itu.

Nerdo sendiri adalah fasilitas pengetesan mobil atau proving ground yang memiliki karakter kecepatan tinggi walau ada beberapa sirkuit lain di dalamnya. Untuk sirkuit kecepatan tinggi ditambahkan pagar penjaga yang inovatif guna menahan bila ada mobil yang terhempas dari trek. Sistem ini dikembangkan oleh Porsche Engineering.

"Ada sejumlah moderenisasi di lintasan Nardo," ujar Chairman of the Board of Directors Nardo Technical Center and Managing Director of Porsche Engineering, Malte Radmann.

1 dari 2 Halaman

Dipakai 90 Perusahaan Otomotif

Ikonik, Sirkuit Nardo Dipakai Lagi Buat Uji Kendaraan Masa DepanDipakai 90 Perusahaan Otomotif

Sirkuit Nardo tak hanya untuk mengetes mobil Porsche saja. Tapi bisa dipakai oleh pabrikan lain. Tujuannya agar konsumen (produsen mobil) bisa menguji teknologi mobility masa depan, jelas Managing Director of the Nardo Technical Center, Antonio Gratis.

Fasilitas pengujian diperkirakan akan dipakai oleh 90 perusahaan otomotif untuk menguji teknologi masa depan. yang bisa dites antara lain karakter mobil listrik termasuk soal pengecas cepat, sistem bantu pengemudi, termasuk tentunya mobil otonom alias nir sopir.

2 dari 2 Halaman

Sejak 2012

Ikonik, Sirkuit Nardo Dipakai Lagi Buat Uji Kendaraan Masa DepanSejak 2012

Sirkuit Nardo atau Nardo Technical Center ini dioperasikan oleh Porsche sejak 2012. Di dalamnya terdapat 20 trek dan fasilitas di atas lahan seluas 700 hektar.

Sirkuit Nardo pertama kali dibangun pada 1975. Keunikan sirkuit ini adalah lintasan yang berbentuk lingkaran dengan keliling 12,6 kilometer. Tentunya Sirkuit Nardo cocok untuk mengetes mobil berkecepatan tinggi di dalam kondisi yang ekstrem.

Sumber: Liputan6.com

BERI KOMENTAR