HOME » BERITA » INDEN HONDA MONKEY MENGUJI KESABARAN

Inden Honda Monkey Menguji Kesabaran

Proses pengiriman unit Honda Monkey memakan waktu hingga tahun depan. Keterlambatan ini akibat regulasi kuota impor dari pemerintah.

Selasa, 25 Agustus 2020 09:15 Editor : Nazarudin Ray
Inden Honda Monkey Menguji Kesabaran
Inden Honda Monkey hingga tahun depan (Nazar Ray)

OTOSIA.COM - Membeli Honda Monkey seperti diuji kesabaran. Pasalnya, peminatnya belum tentu dapat unit tahun ini juga. Dari total 600 pemesanan hingga Agustus 2020, baru 50 persen yang sudah dikirim ke rumah konsumen.

Regulasi kuota impor dari pemerintah menjadi penyebab lamanya Honda Monkey diterima konsumen. Unit Monkey yang dipesan bisa tiba hingga tahun depan dari pemesanan tahun ini.

"Indennya 50 persen sudah dikirim, sisanya belum karena ini juga terkait dengan regulasi impor dari pemerintah, kita harus menyesuaikan," kata Thomas Wijaya, Direktur Pemasaran PT Astra Honda Motor.

1 dari 3 Halaman

Selain aturan kuota impor, volume pemesanan di luar perkiraan Honda sebelumnya meski banderol untuk motor mungil ini mencapai Rp 65 juta.

"Ini kan segmen hobi, tapi peminatnya di luar ekspektasi kita," ujarnya.

Honda menyatakan sejauh ini tidak ada konsumen yang membatalkan pemesanan akibat inden yang terlalu lama. Kendati inden memakan waktu, Honda tetap membuka pemesanan Monkey.

"Tidak ada pembatalan pemesanan. Ini kan segmen hobi. Tapi kalau mau SPK, kita sudah memberitahukan konsumen soal timing-nya, bisa sampai tahun depan," tukasnya.

 

2 dari 3 Halaman

Honda Monkey dibekali mesin silinder tunggal horizontal 4 percepatan SOHC 125cc berpendingin udara dengan diameter dan panjang langkah sebesar 52,4 x 57,9 dan perbandingan kompresi 9,3:1.

Ditunjang dengan teknologi PGM-FI Honda Monkey sanggup menghasilkan tenaga maksimal 6,9kW @ 7.000rpm dan torsi sebesar 11Nm @ 5.250rpm.
Memiliki bentuk oval di persilangannya, swing arm dari Honda Monkey ini mengikuti tema desain melingkar yang menjadi ciri khas model ini.

Monkey memiliki jarak sumbu roda 1.155mm, bobot sepeda motor ini juga ringan yaitu 107 kg dengan ketinggian jok 776mm dari permukaan tanah. Ground clearance maksimal dari sepeda motor ini adalah 160 mm.

 

3 dari 3 Halaman

Suspensi depan inverted telescopic memiliki warna yang sama dengan suspensi belakang ganda dengan axle travel sepanjang 104mm. Di bagian pengereman, sepeda motor ini memiliki rem cakram depan berdiameter 220 mm dan rem belakang berdiameter 190 mm.

Honda Monkey telah menggunakan ABS satu channel di sistem pengeremannya dengan Inertial Measurement Unit (IMU). Bannya sendiri berdiameter 12 inch dengan pola block, dimana ban depannya berukuran 120/80 dan ban belakang berukuran 130/80.

BERI KOMENTAR