HOME » BERITA » INDEN LAMA TAK HENTIKAN KONSUMEN BELI XPANDER

Inden Lama Tak Hentikan Konsumen Beli Xpander

Bagaimana dengan tingkat pembatalan Xpander, setelah kompetitor meluncurkan produk baru di segmen yang gemuk tersebut?

Senin, 11 Juni 2018 20:15 Editor : Dini Arining Tyas
Mitsubishi Xpander/Mitsubishi Indonesia

OTOSIA.COM - Xpander yang diluncurkan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) tahun lalu mendapatkan respon yang sangat positif. Bahkan, konsumen yang melakukan pembelian sampai-sampai harus menunggu cukup lama untuk bisa mendapatkan unit.

Akibat waktu tunggu yang lama, MMKSI pun tak memungkiri terdapat pembatalan pemesanan yang dilakukan konsumen. Di mana pada saat awal periode peluncuran, tingkat pembatalan pemesanan berada di bawah 5 persen atau berada di batas normal.

Lantas bagaimana dengan tingkat pembatalan Xpander, setelah kompetitor meluncurkan produk baru di segmen yang gemuk tersebut?

Menurut Kepala Penjualan dan Pemasara MMKSI Imam Choeru Cahya, tingkat pembatalan pemesanan Xpander masih berada di ambang normal. MMKSI masih optimis Xpander akan terus diminati oleh konsumen.

Terkait masalah inden yang cukup lama, MMKSI sendiri telah melakukan berbagai strategi untuk menjaga konsumen tak beralih ke produk lain. Salah satunya dengan menginformasikan secara langsung kepada konsumen mengenai waktu inden.

"Rata-rata yang cancel itu yang lama-lama, tapi kalau yang bulan Desember ini mereka sudah dikasih tahu kalau kondisinya akan terjadi inden. Bulan November ke belakang itu yang cukup tinggi (cancellation rate)," jelas Imam di Surabaya beberapa waktu lalu.

Jika melihat data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), wholesales (pabrik ke diler, red) Xpander pada periode Januari-April 2018 sendiri mencapai 29.069. Jika dibagi per bulan, Xpander dipesan sekitar 7.000-an unit.

(kpl/fid/tys)

BERI KOMENTAR