HOME » BERITA » INDONESIA BAKAL JADI BASIS EKSPOR OTOMOTIF SOKONINDO

Indonesia Bakal Jadi Basis Ekspor Otomotif Sokonindo

Resmi membuka pabriknya di Indonesia, PT Sokonindo Automobile (Sokonindo) tak hanya ingin menggarap pasar Indonesia. Sokonindo siap membanjiri pasar manca negara secara bertahap dengan menjadikan Indonesia sebagai basis produksi.

Rabu, 29 November 2017 18:15 Editor : Ahmad Khoirudin
Foto: Hafid

OTOSIA.COM - Resmi membuka pabriknya di Indonesia, PT Sokonindo Automobile (Sokonindo) tak hanya ingin menggarap pasar Indonesia. Sokonindo siap membanjiri pasar manca negara secara bertahap dengan menjadikan Indonesia sebagai basis produksi. Rencana ini didukung dengan rancangan pabrik yang sengaja didesain lebih fleksibel.

"Pada dasarnya pabrik ini mampu membuat kendaraan stir kanan dan kiri. Jadi tidak masalah," jelas Franz Wang, Marketing Director PT Sokonindo Automobile.

Terpilihnya Indonesia sebenarnya tak lepas dari letak geografis. Hal tersebut dinilai menjadi keuntungan bagi Indonesia, lantaran dapat mengurangi biaya, khususnya untuk pengiriman.

"Dari Indonesia ke seluruh dunia, Indonesia punya keunggulan geografis. Jadi mobil dari Tiongkok dan Jepang sekali pun sebenarnya harus lewat Indonesia, khususnya Selat Malaka. Jadi ekspor dari indonesia memiliki keunggulan alami, sehingga bisa mengurangi biaya," jelas Franz.

Pasar Asia Tenggara pun dinilai bakal menjadi titik mula kegiatan ekspor Sokonindo. Sayangnya Franz belum bisa mengungkapkan negara mana saja yang akan menjadi tujuan ekspor Sokonindo. Begitu pula dengan jumlah unit yang akan diekspor, Sokonindo belum memiliki gambaran. Lantaran hal itu dikembalikan kepada kepercayaan konsumen terhadap produk Sokonindo. Artinya merek mobil asal Tiongkok ini bakal mengikuti permintaan pasar manca negara.

"Saat pembukaan pabrik kami mengundang beberapa tamu dari Malaysia, Filipina, Vietnam bahkan Taiwan. Hari ini mereka sudah melihat launching kami, kami akan menepati janji untuk secepatnya memproduksi mobil untuk dikirimkan ke negara mereka," jelas Franz.

Terlepas dari rencana jangka panjang itu, pasar Indonesia saat ini masih menjadi fokus Sokonindo. Dengan pengaplikasian mekanisme Industri 4.0, Sokonindo ingin mewujudkan produk berkualitas dari Indonesia. Hal ini pun menjadi bekal untuk memperlancar aktivitas ekspor di masa mendatang.

(kpl/fid/rd)

BERI KOMENTAR