HOME » BERITA » INDONESIA JAUH TERTINGGAL, MALAYSIA SUDAH SIAPKAN MOBIL LISTRIK NASIONAL

Indonesia Jauh Tertinggal, Malaysia Sudah Siapkan Mobil Listrik Nasional

Ketika Indonesia masih berkutat dengan regulasi, Malaysia sudah mencoba membuat mobil listrik sendiri.

Senin, 14 September 2020 16:45 Editor : Cornelius Candra
Indonesia Jauh Tertinggal, Malaysia Sudah Siapkan Mobil Listrik Nasional
Proyek mobil listrik MyKar (Paultan.org)

OTOSIA.COM - Indonesia tampaknya harus mengakui kehebatan Malaysia di bidang otomotif. Selain telah menelurkan mobil nasional bermerek Proton, Negeri Jiran kini tengah menguji prototype dari mobil listrik mereka.

Mengutip dari Paultan.org, mobil listrik bernama MyKar ini merupakan produk dari EV Innovations, perusahaan start-up asal Malaysia. Riset, pengujian, dan perakitannya dilakukan secara lokal di Negeri Jiran.

1 dari 2 Halaman

Sebenarnya, proyek MyKar sudah dimulai sejak Januari 2019 silam. Pengujiannya di jalan raya juga dijadwalkan berlangsung pada awal 2020 lalu, tapi harus tertunda lantaran pandemi COVID-19.

Secara fisik, desainnya tampak mirip dengan Honda Jazz. Wajar saja, mobil listrik ini memanfaatkan pintu dan suspensi city car hatchback terebut, sehingga ada kesamaan di garis bodinya.

2 dari 2 Halaman

Untuk urusan performa, MyKar mengandalkan sepasang motor listrik dengan baterai 10 kWh untuk mendorong mobil berbobot 900 kg ini. Dapur pacunya mampu menghasilkan tenaga sebesar 32 hp dengan torsi 295 Nm dan kecepatan maksimumnya mencapai 104 km/jam.

MyKar diklaim memiliki efisiensi bahan bakar hingga 6,6 kWh per 100 km. Artinya, dalam kondisi baterai penuh, mobil listrik ini mampu menempuh jarak sekitar 150 km dan waktu pengisian dayanya membutuhkan waktu 3 jam.

BERI KOMENTAR