HOME » BERITA » INDUSTRI KOMPONEN TAIWAN BERPOTENSI JADI VENDOR PASAR EKSPOR

Industri Komponen Taiwan Berpotensi Jadi Vendor Pasar Ekspor

Komponen dan asksesoris produk dari Taiwan berpotensi dapat menjadi vendor bagi industri otomotif Indonesia, terutama untuk pasar ekspor

Rabu, 15 Januari 2020 13:15 Editor : Ahmad Muzaki
Industri Komponen Taiwan Berpotensi Jadi Vendor Pasar Ekspor
Jumpa pers Autotronics Taipei & Motorcycle Taiwan (AMPA) (Otosia.com/Nazarudin Ray)

OTOSIA.COM - Sebagai salah satu negara pengekspor komponen otomotif global, Taiwan tertarik untuk lebih giat memasarkan aksesoris dan suku cadang bagi industri otomotif Indonesia, termasuk komponen kendaraan listrik.

"Indonesia negara kepulauan terbesar dan penduduk mayoritas muslim terbesar di dunia, dengan pertumbuhan otomotif yang menjanjikan," kata Tony Lin, Direktur Taiwan Trade Center (TAITRA).

1 dari 2 Halaman

Industri Komponen Taiwan Berpotensi Jadi Vendor Pasar Ekspor

Menurut Tony, suku cadang dan aksesoris mobil dan motor Taiwan merupakan salah satu yang terbesar di dunia. Bahkan, Jepang sebagai pelaku industri otomotif raksasa telah lama menjadi langganan komponen-komponen otomotif asal Taiwan.

?Mercedes-Benz dan BMW ada komponennya yang dari Taiwan. Kami juga banyak mengekspor sepeda motor ke Jepang dan Eropa. Ini menunjukkan kualitas yang tinggi dari produk-produk Taiwan, yang juga dihargai oleh pembeli Jepang,? katanya.

Taiwan sendiri berharap komponen dan asksesoris mereka dapat menjadi vendor bagi industri otomotif Indonesia, terutama untuk pasar ekspor.

2 dari 2 Halaman

Sementara Kukuh Kumara, Sekjen Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gakindo) melihat produksi mobil di Indonesia memerlukan suku cadang dan aksesoris yang mendukung kualitas kendaraan untuk pasar ekspor.

Misalnya, katanya, bisa saja vendor lokal untuk unit domestik, vendor Taiwan untuk kendaraan yang diekspor. Untuk masuk, industri komponen Taiwan setidaknya menggandeng perusahaan lokal.

?Produksi mobil kita 2,3 juta unit setahun. Dukungan komponen otomotif dari luar untuk ekspor bisa saja untuk meningkatkan kualitas ekspor otomotif kita. Taiwan itu tidak ada pabrikan otomotif, tetapi komponennya diekspor ke mana-mana. Tidak hanya untuk suplai domestik, juga global. Dia bisa join dengan perusahaan vendor lokal untuk pasar ekspor,? ujarnya.

BERI KOMENTAR