HOME » BERITA » INGAT, BEGINI CIRI MODUS PENIPUAN LELANG ATAS NAMA KEMENKEU

Ingat, Begini Ciri Modus Penipuan Lelang Atas Nama Kemenkeu

Masyarakat diimbau agar berhati-hati terhadap modus penipuan berkedok lelang. Terlebih lelang tersebut membawa nama Kemenkeu.

Sabtu, 19 Juni 2021 16:15 Editor : Dini Arining Tyas
Ingat, Begini Ciri Modus Penipuan Lelang Atas Nama Kemenkeu

OTOSIA.COM - Lelang mobil yang mencatut Kementerian Keuangan beberapa kali terjadi. Masyarakat pun diminta agar tak mudah terkecoh dengan informasi lelang mobil.

Direktur Lelang DJKN Kemenkeu, Joko Prihanto mengatakan, penipuan dengan modus lelang biasanya dilakukan oleh orang tak bertanggung jawab dengan menyebarkan selebaran yang mirip dengan pengumuman yang dibuat oleh Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL).

"Ciri-ciri kalau lelangnya abal-abal itu biasanya gampang diidentifikasi. Contohnya kop surat tidak mengacu pada KPKNL tertentu," kata dia dalam bincang DJKN, Jumat (18/6/2021).

1 dari 2 Halaman

Kemudian ciri lainnya para pelaku biasanya menawarkan lelang dengan harga tidak wajar. Bahkan harga yang ditawarkan ini sangat jauh di bawah harga pasar. Selain itu, mereka menjanjikan kepada para korban bisa memenangkan lelang tersebut.

"Menawarkan dengan harga tidak wajar, artinya misalkan harga di pasar Rp 600 juta dilelang Rp 200 juta itukan enggak wajar. Kemudian menjanjikan menang lelang. Padahal lelang enggak diatur pemenangnya," ungkapnya.

2 dari 2 Halaman

Aplikasi Resmi

Untuk meminimalisir kejadian tidak diinginkan, masyarakat yang ingin melakukan lelang DJKN bisa secara online melalui situs lelang.go.id atau aplikasi Lelang Indonesia. Dengan menggunakan sistem IT, maka tidak ada campur tangan termasuk menentukan pemenang lelang.

"Sama sekali enggak bisa diatur, orang enggak bisa menjanjikan menang walaupun itu pejabat lelang sekalipun. Terakhir, pelaku akan sering telepon memberikan nomor rekening dan meminta untuk segera ditransfer," pungkas dia.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

BERI KOMENTAR