HOME » BERITA » INGAT, CARA RAWAT BAN CADANGAN MOBIL TAK SULIT

Ingat, Cara Rawat Ban Cadangan Mobil Tak Sulit

Keberadaan ban cadangan di mobil harus selalu ada. Hal itu akan memudahkan jika terjadi sesuatu pada mobil. Maka itu, ban cadangan juga harus diperhatikan dan dirawat.

Selasa, 25 Juni 2019 19:45 Editor : Dini Arining Tyas
Ingat, Cara Rawat Ban Cadangan Mobil Tak Sulit
Ilustrasi ban cadangan (yourmechanic)

OTOSIA.COM - Keberadaan ban cadangan di mobil harus selalu ada. Hal itu akan memudahkan jika terjadi sesuatu pada mobil. Maka itu, ban cadangan juga harus diperhatikan dan dirawat.

Kepala Bengkel Auto2000 Yos Sudarso, Suparman mengatakan, pemilik mobil wahib hukumnya untuk merawat ban cadangan agar kondisinya selalu terjafa. Dengan demikian, ban akan siap dipakai kapan saja saat dibutuhkan.

"Sebenarnya tidak sulit merawat ban cadangan, sama saja seperti ban yang dipakai. Paling utama itu menjaga tekanan udaranya tetap stabil," jelas Suparman, seperti dikutip dari laman Auto2000. Selain tekanan, kondisi karet ban juga perlu diperhatikan.

Lanjut Suparman, tak sedikit pemilik mobil yang kurang peduli akan kondisi ban cadangan. Bahkan ada sebagian yang justru tak pernah menengok sama sekali sehingga saat akan digunakan kondisi sudah tak layak pakai.

Hal tersebut membuat ban serep seperti hanya agian dari aksesori atau pelengkap kendaraan saja. Padahal fungsinya tidak bisa dianggap enteng.

1 dari 2 Halaman

Cek Sebulan Sekali

Ingat, Cara Rawat Ban Cadangan Mobil Tak SulitCek Sebulan Sekali

Tak sedikit pula kasus turunnya kualitas karet ban cadangan lantaran tetlalu lama disimpan. Terutama untuk ban yang tersimpan di bawah ruang bagasi karena minimnya udara di ruangan tersebut. 

Perlu diingat, paling tidak pemilik mobil satu bulan sekali melihat kondisi ban cadangan. Untuk menjaga material karet ban tetap baik, bisa juga dioleskan pelembab yang biasa digunakan untuk semir ban. 

 

2 dari 2 Halaman

Rotasi Ban

Ingat, Cara Rawat Ban Cadangan Mobil Tak SulitRotasi Ban

Tapi bila mau maksimal, dianjurkan pemilik ban melakukan rotasi penggantian ban yang melibatkan ban cadangan. Dengan begitu, tingkat keausan ban antara bagian belakang, depan, kiri, kanan, dan cadangan akan merata. 

Rotasi atau pergantian ban baik diakukan khususnya bagi yang dimensi ban cadangannya sama dengan ban yang digunakan. Adanya rotasi maka akan membuat karet dan komponen ban yang tidak pernah digunakan bisa bergerak, selain itu tingkat keausan permukaan ban juga akan merata, tandasnya.

Sumber: Liputan6.com

BERI KOMENTAR