HOME » BERITA » INGAT, MEMBERSIHKAN FILTER UDARA MOTOR MATIK TAK BOLEH PAKAI AIR

Ingat, Membersihkan Filter Udara Motor Matik Tak Boleh Pakai Air

Saringan udara pada motor matik harus rutin mendapatkan perawatan, agar performa motor tetap terjfa. Tapi perlu diingat, bahwa membersihkan saringan udara motor tidak boleh menggunakan air.

Senin, 09 September 2019 22:15 Editor : Dini Arining Tyas
Ingat, Membersihkan Filter Udara Motor Matik Tak Boleh Pakai Air
Filter udara (Federal oil)

OTOSIA.COM - Salah satu komponen penting motor matik yang harus rutin dirawat adalah filter udara. Filter udara sendiri ada dua macam, kering dan basah.

Perawatan keduanya juga berbeda. Menurut laman Federal Oil, saringan udara basah yang sudah kotor harus diganti, tak bisa dibersihkan.

Sedangkan filter udara kering bisa dibersihkan memakai angin atau kompresor. Ingat, membersihkan sraingan udara tak boleh memakai air, sekotor apapun kondisinya. Mengapa?

1 dari 1 Halaman

Bukan Air dan Sikat

Ingat, Membersihkan Filter Udara Motor Matik Tak Boleh Pakai AirBukan Air dan Sikat

Sebab, jika memakai sikat akan merusak saringan udara tersebut. Jika menggunakan air, bisa merusak serat-serat bahan yang dipakai pada saringan udara. Jika saringan udara rusak, maka tidak mampu menyerap kotoran dengan sempurna.

Saringan udara kering, terbuat dari bahan kertas yang memiliki ketebalan standart. Saringan jen is ini memang tidak mudah rusak saat menyedot air meski bercampur air.

Sedangkan saringan udara basah terbuat dari bahan yang sama hanya saja dilengkapi dengan pelumas khusus untuk mengurangi kotoran yang masuk ke ruang bakar.

BERI KOMENTAR