HOME » BERITA » INGIN BELI DUCATI, KTM SIAP GELONTORKAN DANA RP24 MILIARAN

Ingin Beli Ducati, KTM Siap Gelontorkan Dana Rp24 Miliaran

KTM tak main-main dalam rencananya membeli Ducati. Bahkan, mereka telah menyiapkan dana sebesar Rp24 miliaran.

Senin, 07 Januari 2019 15:15 Editor : Cornelius Candra
Ducati 1299 Panigale R Final Edition (Asphaltandrubber.com)

OTOSIA.COM - Menjelang pergantian tahun 2019, CEO KTM, Stefan Pierer dalam Asphaltandrubber.com sempat mengutarakan niatnya untuk membeli pabrikan motor legendaris asal Italia, Ducati.

Pierer menyatakan bahwa Ducati mampu membuat pabrikan asal Austria itu untuk mengejar kompetitor mereka asal Jepang, Honda dan Yamaha, pada tahun 2020 mendatang.

Ternyata, hal itu bukanlah bualan belaka. Bahkan, mengutip dari Cycleworld.com, KTM telah menyiapkan dana sebesar EUR1,5 juta atau sekitar Rp24 miliaran untuk mengakuisi Ducati (Kurs EUR1 = Rp16.013).

KTM 1290 Adventure R

Keinginan KTM untuk membeli Ducati sebenarnya bukanlah hal yang tak mungkin. Pasalnya, Volkswagen AG kerap menjual perusahaan motor yang berada di bawah naungannya apalagi hanya masalah uang.

"Ducati adalah Ferrari-nya industri sepeda motor. Tentu, memilikinya adalah hal yang menarik. Ini bukanlah masalah harga, tapi tentang kapan orang menyadari situasi yang mereka hadapi," ujar Pierer.

Hanya saja, pembelian Ducati nampaknya akan berlangsung alot. Pasalnya, Wolkswagen AG telah memiliki CEO baru, yaitu Herbert Diess, mantan bos BMW Motorrad.

Ducati Panigale V4R

Dengan kata lain, bos Volkswagen AG saat ini adalah seorang penggemar sepeda motor. Selain itu, Diess juga kerap terlihat mengendarai Ducati Panigale dan mengikuti perkembangan Ducati di ajang MotoGP.

Meski demikian, Pierer masih melihat adanya kesempatan bagi perusahaannya untuk membeli Ducati. Pasalnya, Volkswagen AG saat ini tengah mengalami krisis lantaran tersandung kasus pemalsuan laporan emisi gas buang pada pertengahan 2018 lalu.

Terlepas dari itu semua, sosok Pierer memang sangat penting bagi KTM. Ia adalah orang yang menyelamatkan KTM di tahun 1992 yang kala itu berada di ujung kebangakrutan. Setelahnya, penjualan mereka mulai mengalami peningkatan.

(kpl/crn)

BERI KOMENTAR