HOME » BERITA » INGIN LEWATI TIKUNGAN DENGAN MULUS, SIMAK TIPS INI OTOLOVERS

Ingin Lewati Tikungan dengan Mulus, Simak Tips Ini Otolovers

Senin, 05 Februari 2018 16:45 Editor : Cornelius Candra
Ilustrasi : ridinginthezon.com

OTOSIA.COM - Berkendara menggunakan sepeda motor telah menjadi hobi dan kebutuhan bagi sebagian orang. Bahkan ada yang beranggapan semakin menantang jalan yang dilalui membuat perjalanan menjadi semakin menyenangkan. Meskipun demikian, pengendara tetap harus hati-hati dan tidak menyalahi aturan dan tertib dalam berlalu lintas.

Apabila melewati daerah yang didominasi oleh jalanan berkeleok seperti di perbukitan atau pegunungan, ada baiknya Otolovers mengenali lebih dulu teknik vornering yang benar. Dengan menguasai teknik ini, perjalanan akan lebih aman dan nyaman.

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah pandangan pengemudi. Dengan mengidentifikasi jalur yang akan dilewati, pengendara akan lebih mudah dalam menngambil keputusan ketika menikung. Ketika hendak cornering, tujukan pandangan Otolovers ke titik yang dituju. Dengan begitu, tubuh akan secara otomatis mengarahkan laju motor ke titik tersebut.

Pengereman juga manjadi hal yang harus diperhatikan. Setelah melakukan identifikasi, pastikan pengendara memperkirakan baraking ling yang akan diambil. Pengereman idealnya dilakukan sebelum menikung. Padukan rem depan dan belakang untuk mencegah terjadinya selip.

Ketiga adalah pengaturan gas. Setelah melakukan pengereman, pengendaran harus mengendalikan gas kendaraannya. Buka gas secara perlahan ketika tikungan akan berakhir dan setelah motor berada pada posisi lurus, gas bisa dibuka lebih besar lagi.

Yang keempat adalah mental. Pengendara tidak perlu terburu-buru dalam menikung, karena butuh waktu untuk mempertajam kepekaan ketika menikung.

Yang terkhir adalah hindari pengereman ketika meikung. Mengerem ketika berbelok membuat sepeda motor tidak stabil. Selain itu juga hindari menurunkan gear karena akan mengurangi traksi pada ban bagian belakang.

Itulah beberapa langkah yang bisa Otolovers ikuti untuk bisa berbelok dengan mulus. Tetapi tetap utamakan keselamatan dan gunakan perlengkapan berkendara dengan komplit.

 (kpl/crn)

BERI KOMENTAR