HOME » BERITA » INGIN MILIKI MOBIL PRIBADI LEWAT JALUR KREDIT, CERMATI DULU UNTUNG RUGINYA

Ingin Miliki Mobil Pribadi Lewat Jalur Kredit, Cermati Dulu Untung Ruginya

Sebelum membuat keputusan untuk mengambil KKB, ada baiknya mempertimbangkan keuntungan dan kerugian yang didapat berikut ini.

Selasa, 03 September 2019 16:03 Editor : Wuri
(c) Shutterstock

OTOSIA.COM - Kebutuhan untuk mobile terutama di perkotaan bikin banyak orang lebih memilih menggunakan kendaraan pribadi. Apalagi kini tersedia mobil LCGC (Low Cost Green Car) yang biayanya relatif terjangkau dan didukung juga dengan beragam penawaran KKB alias Kredit Kendaraan Bermotor.

Kredit Kendaraan Bermotor (KKB) menjadi salah satu aternatif pembiayaan untuk mendapatkan mobil atau motor baik baru maupun bekas dengan sistem mengangsur. Sebelum membuat keputusan untuk mengambil KKB, ada baiknya mempertimbangkan keuntungan dan kerugian yang didapat berikut ini.

Beban Keuangan

Tidak sedikit yang menyebutkan membeli mobil dengan cara kredit itu justru rugi. Selain menjadi beban bagi keuangan pribadi, suku bunga kredit mobil pun bisa berubah sesuai dengan kondisi pasar. Belum lagi bunga kredit yang cukup tinggi bisa bikin jumlah bunga hutang yang dibayarkan jadi semakin besar. Sebaiknya pertimbangkan kemampuan keuanganmu sebelum mengambil kredit mobil misalnya dengan memperhitungkan beban kartu kredit yang dimiliki atau memilih masa cicilan yang singkat.

Bisa Kena Denda

Seperti hutang lainnya, pengguna KKB harus membayar cicilan tepat pada waktunya. Namun tidak menutup kemungkinan terjadi keterlambatan atau lalai melakukan pembayaran tersebut.

Akibatnya, kamu dikenakan sejumlah bunga, biaya denda dan biaya penagihan tergantung pada kebijakan yang diterapkan oleh pihak pemberi kredit. Bahkan jika terjadi gagal bayar, mobil idaman yang sudah dicicil sebagian pun bisa melayang karena disita oleh pihak bank atau leasing.

Solusi Tepat Bagi yang Kekurangan Dana Tunai

Selain kerugian, KKB juga memberikan beberapa keuntungan. Hal ini terbukti dari kian banyaknya permintaan kredit di kalangan masyarakat, terutama yang memiliki keterbatasan dana tunai untuk membeli kendaraan. Lewat kredit mobil misalnya, gaji yang standar pun bisa memiliki mobil sambil mengangsurnya perlahan dalam jumlah yang masuk akal.

Otomatis Dapat Asuransi

Walau belum membayar lunas, kredit mobil menjadi jalan untuk menggunakan mobil sejak awal. Selain itu, dengan mengajukan kredit mobil, biasanya akan otomatis mendapatkan asuransi. Berbeda jika membeli kendaraan secara tunai, maka produk asuransi harus dibeli secara terpisah.

Syarat Mudah

Dibandingkan produk pinjaman lain seperti Kredit Tanpa Agunan (KTA) yang diajukan lewat aplikasi bank maka KKB jauh lebih mudah untuk diajukan. Ada beberapa syarat yang diperlukan untuk mengajukan kredit mobil.

Misalnya bagi yang belum menikah dapat menyertakan fotokopi kartu identitas, Rekening Koran 3 bulan terakir, slip gaji, dan fotokopi PBB. Sedangkan bagi yang sudah berkeluarga, dapat memberikan fotokopi KTP suami istri, fokopi Kartu Keluarga, Rekening Koran 3 bulan terakhir, dan slip gaji. Cukup mudah, kan?

Meningkatkan Produktivitas

Selain digunakan sebagai kendaraan pribadi, tidak jarang orang-orang yang mengajukan KKB memanfaatkan mobil sebagai alat usaha untuk menjaga perputaran uang. Alasan lainnya, dana yang seharusnya bisa digunakan untuk membeli kendaraan bermotor, digunakan untuk kebutuhan lain yang lebih mendesak atau dialihkan ke investasi dengan tingkat pengembalian lebih tinggi dari suku bunga KKB. Cara ini dianggap mampu memberikan keuntungan saat mengambil kredit kendaraan bermotor ketimbang membelinya secara tunai.

Punya impian memiliki mobil pribadi dengan cara kredit? Ketahui untung-rugi terlebih dahulu dan pilih KKB dengan bijak agar tak menyesal di kemudian hari.

(kpl/wr)

BERI KOMENTAR