HOME » BERITA » INGIN MOTOR TERUS FIT SAAT HUJAN, PERHATIKAN 5 HAL INI

Ingin Motor Terus Fit Saat Hujan, Perhatikan 5 Hal Ini

Jum'at, 09 Februari 2018 18:45 Editor : Cornelius Candra
Foto : Istimewa

OTOSIA.COM - Dalam kondisi hujan, motor akan bekerja lebih keras melewati air bahkan lumpur yang disertai asam. Ban juga tidak mencengkeram dengan bain karena aspal yang licin.

Untuk menjaga keselamatan dalam berkendara ketika hujan, sepeda motor kamu wajib dalam keadaan yang sehat. Semua suku cadang memiliki kondisi prima atau minimal layak pakai. Ada 5 hal yang harus diperhatikan suapaya sepeda motor kamu tetap bisa melaju di tengah hujan.

1. Tutup Oli dan Seal Ban

Seal pada sepeda motor berfungsi mencegah masuknya air dan debu ke dalam suatu komponen yang berujung pada kerusakan part tersebut. Seal ban yang terletak di sekitar as roda berguna untuk meminimalisir kerusakan pada bearing atau bantalan roda. Begitu pula dengan tutup oli, air yang meresap masuk ke dalam blok oli akan merusak mesin dari dalam.

2. Ban

Ban merupakan satu-satunya bagian yang menempel ke tanah. Ban yang aus dan alurnya sudah mulai hilang tidak memiliki daya cengkeram yang baik. Hal ini berisiko motor akan tergelincir.

3. Tutup Busi

Cara mencegah motor mogok ketika melewati genangan air adalah dengan memastikan tutup busi dalam keadaan yang baik. Apabila karet sudah keras, ada resiko air akan merembes masuk dan busi akan mati.

4. Rem

Komponen yang berfungsi untuk menahan laju sepeda ini juga harus diperhatikan. Berkendara saat hujan membutuhkan pengendalian yang baik. Kampas rem yang aus akan membuat kendaraan sulit berhenti.

5. Lampu

Lampu berfungsi sebagai indikator dan penunjuk arah saat mengendarai motor. Selain itu, lampu dapat menjadi penanda bagi pengendara lain ketika malah hari dan hujan. Pasalnya, pada kondisi hujan jarak pandang cenderung berkurang.

 (kpl/crn)

BERI KOMENTAR