HOME » BERITA » INGIN PAKAI JOK KULIT SINTETIS? SIMAK DULU BEBERAPA HAL INI

Ingin Pakai Jok Kulit Sintetis? Simak Dulu Beberapa Hal ini

Jok atau tempat duduk pada mobil menjadi salah satu bagian yang tak luput dari perubahan dengan alasan kenyamanan dan estetika.

Jum'at, 30 November 2018 21:15 Editor : Cornelius Candra
Jok Hyundai Palisade (tflcar.com)

OTOSIA.COM - Salah satu komponen yang kerap menjadi sasaran modifikasi adalah jok mobil. Alasannya tentu bermacam-macam, mulai sekadar mempercantik tampilan kabin, hingga meningkatkan kenyamanan saat perjalanan jauh maupun dekat.

Dewasa ini berbagai bahan jok mobil dipasarkan di Indonesia. Salah satu yang paling nge-hits yakni bahan jok dengan bahan kulit replika atau dikenal dengan sintetis. Maklum, harga bahan kulit sintetis tergolong lebih terjangkau.

Nah, meski murah namun ada beberapa yang harus diperhatikan untuk mengetahui bahan kulit sintetis yang baik dan benar. Menurut Thjie Tjie Fie, Assistan Marketing Manager Accura (jok kulit sintetis Accura), untuk menentukan jok kulit sintetis berkualitas bisa dilakukan dengan beberapa cara.

Pertama, kata dia, untuk mengecek jok kulit sintetis bisa dilihat dari scretch atau garis yakni disentuh menggunakan kuku.

"Biasanya kalau yang murah diginiin (digesek pake kuku) ada garisnya
atau surfacenya keluar. Sebaliknya, jika bahan itu bagus tidak terdapat garis. Apalagi digores pakai kunci," ungkap Thjie saat berbincang dengan Liputan6.com.

Thjie Tjie juga mengungkapkan, ciri-ciri dari bahan kulit sintetis yang baik seharusnya memiliki permukaan sehalus dan semirip dengan kulit. Kendati begitu, bahan jok kulit sintetis juga memiliki berbagai corak salah satu yang banyak digemari yaitu model kulit jeruk.

Kualitas kulit sintetis bisa juga dilakukan dengan cara ditarik untuk melihat kelenturannya. Model yang baik tidak cepat melar. Meski terlihat rongga-rongga, namun tidak cepat menyerap air.

"Selain itu untuk model kulit bahan murah biasanya cepat luntur, karena kualitas bahannya," ujarnya.

Ia pun menyatakan bahwa durabilitas atau ketahanan bahan kulit sintetis dapat bertahan dalam waktu yang lama, antara 3 sampai 5 tahun.

Sumber: Liputan6.com

(kpl/crn)

BERI KOMENTAR