HOME » BERITA » INGIN TOURING TAHUN BARU 2019, APA SAJA YANG HARUS DIPERSIAPKAN?

Ingin Touring Tahun Baru 2019, Apa Saja yang Harus Dipersiapkan?

Momen pergantian tahun kerap dimanfaatkan sebagian orang untuk melakukan perjalanan jauh menggunakan sepeda motor. Apa saja yang perlu dipersiapkan?

Kamis, 27 Desember 2018 11:15 Editor : Cornelius Candra
Ilustrasi touring berkelompok (Otosia.com/ Cornelius Candra)

OTOSIA.COM - Momen pergantian tahun tak jarang dimanfaatkan para bikers untuk melakukan perjalanan jauh atau touring, baik sendiri maupun berkelompok bersama komunitasnya masing-masing.

Karena menempuh jarak yang relatif jauh dan membutuhkan waktu lama, tentunya ada beberapa hal yang harus dipersiapkan. Simak tipsnya berdasarkan pengalaman tim Otosia.com saat mengikuti touring 'Iconic Ride' bersama PT Piaggio Indonesia beberapa waktu lalu:

1. Manajemen waktu

Salah satu hal yang krusial adalah menentukan waktu keberangkatan sampai kembali tiba di rumah. Pasalnya, berkendara dengan terburu-buru dapat memperbesar resiko kecelakaan lalu lintas.

Selain itu, penentuan waktu juga berpengaruh pada biaya dan barang-barang yang harus dibawa. Jika touring berkelompok, pastikan semua orang tidak memiliki kesibukan masing-masing.

2. Kenali jalur

Sebelum berangkat, kenali terlebih dahulu jalur yang akan dilewati. Hal ini berpengaruh pada manajemen pengisian bahan bakar, waktu istirahat, dan makan.

Pengenalan jalur juga dapat membantu Otolovers untuk menentukan jalur alternatif seandainya jalan utama mengalami kemacetan atau pun perbaikan.

3. Biaya

Persiapkan biaya yang cukup selama perjalanan. Dalam artian, Otolovers juga harus memiliki dana cadangan yang bisa diandalkan ketika sepeda motor tiba-tiba mengalami masalah.

Biaya ini juga termasuk pengeluaran penginapan, makan, dan tentunya bahan bakar. Pastikan juga ada dana tersisa untuk melakukan servis pasca touring.

4. Pakaian

Selain motor, kenyamanan saat touring juga dipengaruhi oleh pakaian. Usahakan, sesuaikan riding-gear dengan kondisi jalan dan cuaca yang akan dilalui. Persiapkan juga jas hujan dan pakaian ganti.

5. Sepeda motor

Perjalanan jauh tentu akan lebih aman dan nyaman jika sepeda motor berada dalam kondisi terbaiknya. Karena itu, Otolovers perlu membawa tunggangan kesayangan ke bengkel untuk diperiksa.

(kpl/crn)

BERI KOMENTAR