HOME » BERITA » INGIN UJIAN SIM MOTOR PASTI LULUS? BEGINI CARANYA

Ingin Ujian SIM Motor Pasti Lulus? Begini Caranya

Senin, 11 Maret 2019 18:45 Editor : Cornelius Candra
Ujian praktik SIM C (Liputan6.com)

OTOSIA.COM - Semua pengendara sepeda motor di Indonesia harus memiliki SIM C. Jika tidak, akan dianggap sebagai pelanggaran dan dikenakan sanksi sesuai aturan yang berlaku.

Untuk mendapatkan SIM C, pengendara harus lolos ujian teori dan praktik. Setelah lolos ujian teori, tak jarang pengendara harus mengulang karena gagal di ujian praktik.

Cara melewati ujian ini sebenarnya cukup mudah. Persiapan dan pengetahuan saat mengendarai sepeda motor adalah hal terpenting.

Berikut empat langkah mudah agar Anda lolos ujian parktek SIM C seperti dilansir Liputan6.com dari Wahana Honda, Jumat (8/3/2019).

1. Keyakinan

Satu hal yang harus diketahui. Jika peserta sudah merasa ragu untuk melalui tes ini, peluang lolos bisa menjadi 20%. Hal pertama mantapkan diri untuk bisa melalui ujian dengan baik dan yakinlah akan lolos.

2. Ketahui Jenis Rintangan dan Teknik Dasar untuk Melaluinya

Ada berbagai jenis rintangan di ujian praktek SIM C. Diantaranya, Jalur Zig – Zag, Jalur Angka 8, Tes Reaksi Menghindar dan yang terakhir adalah Letter U.

Setiap rintangan memiliki trik sendiri untuk melaluinya. Yang jelas, peserta harus terbiasa dengan motor yang akan dipakai. Minta sedikit waktu pada polisi untuk membiasakan diri.

Karena di beberapa tempat menggunakan motor sendiri saat ujian SIM telah diperbolehkan.

• Zig – zag

Cara mengendarai motor di jalur zig – zag terbilang mudah, pasalnya di jalur ini kamu hanya dituntut untuk luwes dalam melakukan manuver. Bahu dan badan yang luwes akan membantumu melewati rintangan ini. Bukaan gas yang tidak terlalu besar juga diperlukan agar motor tetap seimbang.

Jika kamu menggunakan motor bebek, gunakan gigi 2 untuk berjalan. Tujuannya untuk membantu menjaga kestabilan motor supaya bisa melewati rintangan.

Apabila menggunakan motor matic, buka gas perlahan dan jaga gasnya agar selalu stabil. Jangan memacu motor dengan kencang. Cara mengendarai motor matic di ujian SIM akan lebih mudah dengan pengaturan gas yang tepat.

• Angka 8

Rute angka 8 selalu jadi momok di ujian SIM. Sebagian besar peserta gugur di lintasan ini. Selain butuh keluwesan dalam melakukan manuver, peserta juga harus melakukan trik counter steering di track ini.

Yakni memposisikan dudukmu di kiri ketika akan berbelok di kanan, dan duduk di sebelah kanan ketika berbelok di kiri. Hanya cukup geser tempat duduk dan kamu akan lebih mudah untuk melewati track ini.

Fokus juga menjadi hal yang penting untuk melewati track ini. Jaga visimu untuk melihat keadaan sekitar, untuk memprediksi kemana motormu akan bergerak dan meliuk.

• Reaksi Menghindar

Rintangan ini lebih mudah dibandingkan rute angka 8. Peserta hanya perlu fokus dan tidak berkendara terlalu kencang. Lakukan pengereman kaki sambil menunggu lampu menyala. Pilih rute dimana lampu dinyalakan, dan kamu akan lulus dengan mudah.

• U turn

Rute Letter U akan sangat mudah dilalui jika kamu sudah bisa melalui track zig – zag dan angka 8. Jangan lupa lakukan kembali counter steering disaat kamu menikung.

3. Berdoa

Hal yang tidak boleh dilupakan. Dalam segala kegiatan, kamu wajib berdoa agar hasilnya baik.

4. Latihan

Doa dan mengetahui rintangan saja tak cukup, ada baiknya jika mengawali persiapan ujian dengan latihan. Coba kamu kendalikan motormu di area yang sedikit luas seperti lapangan. Lakukan tips dan trik seperti yang sudah diterangkan di atas.

Sumber: Liputan6.com

(kpl/crn)

BERI KOMENTAR