HOME » BERITA » INI 2 MOBIL LISTRIK YANG DIPAKAI POLISI INDONESIA, TESLA DAN HYUNDAI

Ini 2 Mobil Listrik yang Dipakai Polisi Indonesia, Tesla dan Hyundai

Polisi Indonesia sudah memakai Tesla Model 3 dan Hyundai Kona Electric

Jum'at, 26 Februari 2021 21:15 Editor : Ahmad Muzaki
Ini 2 Mobil Listrik yang Dipakai Polisi Indonesia, Tesla dan Hyundai
Tesla Model 3 (Instagram/@bambang.soesatyo)

OTOSIA.COM - Sejauh ini, polisi Indonesia sudah memakai dua mobil listrik untuk kendaraan operasionalnya. Pertama adalah Tesla Model 3 dan kedua Hyundai Kona Electric.

Tesla Model 3 baru saja dihibahkan oleh Ikatan Motor Indonesia (IMI) bersama Prestige Motorcars kepada Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri. Hal ini diketahui dari unggahan Ketua MPR RI sekaligus Ketua IMI Pusat, Bambang Soesatyo di akun Instagram pribadinya @bambang.soesatyo pada Kamis (25/2).

1 dari 3 Halaman

Instagram/@bambang.soesatyo

Politikus yang kerap disapa Bamsoet itu berharap agar hibah ini dapat memantik masyarakat dan pelayan publik untuk berpindah dari menggunakan kendaraan konvensional ke kendaraan listrik.

"Jika baterai penuh, mobil Tesla yang dihibahkan tersebut bisa menempuh jarak 400 KM. Pengisian baterainya pun tidak memakan waktu lama, cukup 4-6 jam sudah bisa penuh. Penggunaan mobil listrik oleh jajaran Korlantas diharapkan akan memasifkan migrasi kendaraan konvensional berbahan bakar minyak ke kendaraan bermotor listrik," ujar Bamsoet, di Jakarta, Kamis (25/2/21) yang dikutip dari Instagram @bambang.soesatyo.

2 dari 3 Halaman

Instagram/@ridwankamil

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) sudah memakai Hyundai Kona Electric untuk mobil Polisi dan Pengawal (Patwal). Hal ini terkuak dari unggahan di akun Instagram Ridwan Kamil @ridwamkamil pada Minggu (7/2).

Menariknya, kendaraan yang bertugas di kantor Gubernur Jawa Barat itu merupakan mobil listrik pertama yang dipakai polisi Indonesia.

"Ini mobil polisi pertama di Indonesia yang menggunakan mobil listrik. Mobil patwal yang bertugas di kantor Gubernur Jawa Barat," tulis Ridwan Kamil.

3 dari 3 Halaman

Seperti Bamsoet, Ridwan Kamil pun berharap agar langkah menggunakan mobil listrik ini bisa ditiru oleh masyarakat umum. Apalagi, menurutnya penggunaan mobil listrik banyak untungnya, seperti menghemat biaya dan anggaran bulanan.

"Selain tidak merilis polusi dan kebisingan ke udara, Alhamdulillah banyak sekali menghemat biaya dan anggaran bulanan sampai 70 persen dibandingkan dgn anggaran rutin kendaraan bensin. Mari perlahan menuju gaya hidup ramah lingkungan dan ramah terhadap penghasilan," tulisnya lagi.

BERI KOMENTAR