HOME » BERITA » INI 3 FAKTA KENDARAAN PRIBADI TANPA SURAT JALAN DILARANG MASUK JATENG

Ini 3 Fakta Kendaraan Pribadi Tanpa Surat Jalan Dilarang Masuk Jateng

Semua kendaraan pribadi yang tidak dilengkapi dengan surat jalan dari gugus tugas dilarang memasuki wilayah Jawa Tengah

Sabtu, 25 April 2020 12:45 Editor : Ahmad Muzaki
Ini 3 Fakta Kendaraan Pribadi Tanpa Surat Jalan Dilarang Masuk Jateng
Arus lalu lintas di Ajibarang. ©2015 merdeka.com/chandra iswinarno

OTOSIA.COM - Untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona (COVID-19), pemerintah secara resmi melarang seluruh warga untuk lakukan mudik Lebaran 2020.

Melansir Merdeka.com, menindaklanjuti keputusan presiden itu, Kementerian Perhubungan langsung menyiapkan regulasi terkait larangan mudik. Mereka menyiapkan peraturan dan juga sanksi bagi yang melanggar. Salah satu hal yang diatur oleh Kemenhub adalah soal skenario pembatasan lalu lintas pada akses keluar masuk wilayah.

Peraturan skenario lalu lintas itu akan diterapkan di semua wilayah, tak terkecuali wilayah Provinsi Jawa Tengah. Dilansir dari ANTARA, semua kendaraan pribadi yang tidak dilengkapi dengan surat jalan dari gugus tugas dilarang memasuki wilayah Jawa Tengah.

1 dari 3 Halaman

Kendaraan Logistik Boleh Lewat

2020 Liputan6.com/Tira Santira

Di luar kendaraan pribadi, kendaraan lain masih bisa melintas di antaranya kendaraan logistik, kendaraan yang punya tujuan khusus dari pemerintah, dan kendaraan pribadi yang dilengkapi surat jalan melakukan perjalanan yang dikeluarkan gugus tugas asal.

"Selain itu semua, kendaraan dari yang dikecualikan itu diputarbalikkan untuk menuju asal perjalanan," ujar Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Tengah Satriyo Hidayat dilansir dari ANTARA pada Kamis (23/4).

2 dari 3 Halaman

Memberlakukan Check Point

2020 Merdeka.com/Arie Basuki

Untuk menerapkan kebijakan itu, Pemrov Jateng akan memberlakukan titik pengecekan atau check point yang bertujuan untuk melakukan penyekatan. Titik check point yang dibuka di antara lain di Terminal Truk Losari Brebes, Gerbang Tol Pejagan, Terminal Bus Kota Tegal, Lapangan Wanareja, dan Gerbang Tol Pungkruk. Selain itu check point juga dibuka di daerah Klonengan, Brebes, dan Terminal Dukuh Salam Slawi.

"Hal ini sebenarnya dilakukan secara nasional. Pemerintah akan menambah area penyekatan di Rest Area Klonengan Brebes dan Terminal Dukuhsalam, Slawi, Kabupaten Tegal," ujar Satriyo dikutip dari ANTARA.

3 dari 3 Halaman

Baru Dibuat untuk Pemudik dari Barat

2020 Merdeka.com/Arie Basuki

Lebih lanjut, Satio menuturkan kalau penyekatan ini baru berlaku untuk kendaraan yang arah dari barat. Karena di sana sudah ada beberapa wilayah yang atur Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), seperti Jabodetabek dan Bandung Raya.

Untuk yang dari timur, penyekatan juga akan dilakukan setelah daerah di Jawa Timur khususnya Surabaya berlakukan PSBB.

"Nantinya penambahan titik akan dibuka di Sarang, Cepu, dan Solo. Sehingga kendaraan dari arah timur masuk Jateng akan dikembalikan lagi," ujar Satriyo dilansir dari ANTARA.

BERI KOMENTAR