HOME » BERITA » INI 5 PILIHAN SKUTIK PREMIUM YANG MENGASPAL DI 2018

Ini 5 Pilihan Skutik Premium yang Mengaspal di 2018

Sepanjang tahun 2018 setidaknya ada 5 produk baru di segmen skutik premium.

Kamis, 13 Desember 2018 17:15 Editor : Cornelius Candra
Yamaha TMax 2018 (yamaha-motor.eu)

OTOSIA.COM - Perkembangan sepeda motor jenis skuter matik di Indonesia terbilang masif. Dalam hitungan tidak sampai satu dekade, pilihan untuk model-model premium bermunculan bukan hanya dari merek Eropa, tetapi juga makin banyak wakil dari Jepang, demikian halnya Taiwan.

Kemunculan model-model yang menyasar pasar level menengah ke atas ini menandakan kebutuhan skuter atau skutik lebih dari sekadar kebutuhan reguler. Tak cuma modelnya beragam, harga, fitur, dan kubikasi mesinnya juga semakin menarik.

Kalau memang sedang mempertimbangkan model-model yang muncul di tahun 2018 tersebut, maka silakan timbang-timbang sendiri sesuai paparan di bawah ini.

1. Vespa Primavera ABS

Di tahun 2018, PT Piaggio Indonesia menggiring masuk model dengan fitur baru berupa ABS dan mengemasnya sebagai produk yang mengedepankan kampanye "Safety in Style".

Produk tersebut adalah Primavera i-Get ABS ukuran mesin 150 cc. Keunikan pada fitur baru ini adalah kemampuan melakukan penyesuaian pengereman secara terus-menerus hingga 10 kali per detik.

Soal harga, Primavera 150 i-get ABS yang mewarisi desain Vespa 946 dibanderol Rp 39,5 juta on the road Jakarta.

2. Honda Forza 250

Ini dia motor yang cukup bikin heboh sejak rumor kehadirannya beredar beberapa tahun lalu, sebelum akhirnya luncur di 2018. Sebagai sepeda motor jenis skutik besar 250 cc, sosoknya jadi gen baru di keluarga Honda mengingat pabrikan ini sudah punya PCX di Indonesia.

Tidak usah sanksi lagi soal bagaimana manisnya tampang tunggangan satu ini. Untuk spesifikasi, Honda memasangkan mesin 249,01 cc berpendingin cairan 4 langkah single cylinder berdaya maksimum 17,3 kW / 7500 rpm, swing arm suspensi ganda, lampu depan LED, dan sistem pengereman yang sudah ABS.

Motor dengan suplai bahan bakar Fuel Injection (PGM-FI) punya aneka fitur mewah, seperti kontrol torsi, Smart Key System, dan wind screen yang bisa disetel-setel.

3. Kymco AK550

Seperti kebiasaan Kymco, mereka punya lini-lini kendaraan berkubikasi besar dengan harga bersahabat. Namun, peluncurannya kerap kali diam-diam, salah satunya adalah
AK550 yang sesuai namanya bermesin 550 cc.

Kymco AK550 ini bukan hanya gede, tetapi juga pakai lengan ayun upside down, dual power mode, lampu LED, serta kapasitas bagasi muat helm full face.

Mesin 550cc-nya terbagi dalam dua slinder dengan batang kem ganda DOHC 8-valve bertenaga 53,5 ps pada putaran mesin 7.500 rpm dan torsi 55,64 Nm pada 5.500 rpm. Kata Kymco, top speed-nya 161,7 km/jam.

4. Honda PCX 150 Hybrid

Di tengah riuhnya Forza, Astra Honda Motor secara mengejutkan memperkenalkan PCX hybrid yang sekaligus menjadi skutik gede tanggung pertama di Indonesia yang menerapkan dua sistem penggerak tersebut.

Efisiensinya memang disebut 2-3 persen berdasarkan puji tim di Indonesia. Namun yang menarik bahwa skutik ini terasa seperti motor kelas 200 cc. Soalnya, daya secara total untuk motor ini adalah gabungan dari mesin standar PCX dan motor elektrik.

Mesinnya masih setara versi PCX reguler, yakni 10,8 kW (14,7 PS) / 8.500 rpm ditambah motor elektrik 1,4 KW / 3.000 rpm.

5. Yamaha TMax

PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing tidak mau berpuas diri dengan pilihan skuter MAXI-nya di 2018 ini. Soalnya, selain menunaikan janji peluncuran resmi TMax, mereka juga menyuguhkan edisi khusus.

Bekerja sama dengan distributor resmi Akrapovic di Indonesia, mereka menyediakan muffler yang setelannya khusus untuk skutik berharga Rp 299,9 juta ini.

Pembeli mendapatkan potongan harga muffler Akrapovic Rp 2 juta, di samping free service, free oli, garansi, dan layanan Yamaha Emergency Service 24 jam masing-masing selama 3 tahun atau 35.000 km.

Itu pun menjadi sepaket bonus tersendiri di luar skutik bermesin 530 cc yang sekaligus menjadi skutik pertama Yamaha dengan YCC-T (Yamaha Chip Controlled Throttle). Fungsinya untuk mengatur hasil bukaan gas berdasarkan sensor-sensor, seperti di model balap R1.

Motor ini juga sudah punya cruise control di rentang kecepatan 50-140 km/jam, E-Adjustable Windscreen, Traction Control System untuk mengurangi risiko ban belakang selip, serta mode-mode berendara layaknya mobil canggih modern.

(kpl/nzr/crn)

BERI KOMENTAR