HOME » BERITA » INI 8 JENIS CAIRAN YANG DIBUTUHKAN MOBIL

Ini 8 Jenis Cairan yang Dibutuhkan Mobil

Performa mobil akan maksimal apabila pemiliknya menjaga faktor pendukungnya. Salah satunya adalah soal cairan mobil. Cairan yang dibutuhkan mobil sendiri terbagi ke dalam beberapa jenis.

Selasa, 18 Desember 2018 18:45 Editor : Ahmad Muzaki
Klik tombol < > untuk halaman berikutnya
   
Ini 8 Jenis Cairan yang Dibutuhkan Mobil
Ilustrasi Foto Ganti Oli Mobil (iStockphoto)

OTOSIA.COM - Performa mobil akan maksimal apabila pemiliknya menjaga faktor pendukungnya. Salah satunya adalah soal cairan mobil. Cairan yang dibutuhkan mobil sendiri terbagi ke dalam beberapa jenis.

Nah, bagi pemilik mobil, ada delapan jenis cairan yang dibutuhkan kendaraan, dan bakal fatal akibatnya jika cairan ini sampai kurang atau habis. Berikut, seperti disitat dari laman resmi Suzuki Indonesia, 8 cairan untuk mobil kesayangan:

1) Oli mesin

Pengecekan oli mesin sangat disarankan dilakukan secara rutin. Ceklah ketinggian oli, dan pastikan tetap berada di antara batas maksimum dan minimum. Jika ketinggiannya di bawah batas minimum, segera tambahkan oli. Kondisi oli juga bisa dilihat dari warnanya. Saat warnanya sudah berubah dari warna aslinya, seperti sudah menghitam, segeralah menggantinya supaya tidak berefek buruk pada mesin mobil.

2) Air radiator

Tidak hanya oli mesin, cairan yang wajib selalu diperiksa adalah air radiator. Cek volumenya dengan melihatnya langsung ke dalam tangki cadangan. Pengecekan ini penting untuk dilakukan karena kurang nya air radiator bisa menyebabkan mesin mobil mengalami panas berlebih (overheating).

3) Air aki

Supaya masa pakai baterai atau aki berusia lebh panjang, lakukanlah pengecekan tiap 2 minggu sekali. Cek dan pastikan ketinggian cairan aki pada seluruh sel ada di antara batas bawah dan batas atas. Tapi ini tidak berlaku untuk kendaraan yang memakai aki MF (maintenance freeatau aki kering).

4) Minyak rem

Untuk minyak rem, pastikan ketinggiannya berada di batas maksimum. Kalau sudah berkurang sampai batas minimum dan lampu indikator rem parkir terlihat menyala, langsung hubungi bengkel resmi Suzuki untuk melakukan pengisian ulang atau perbaikan. Ingat, jika ketinggian minyak rem jauh di bawah batas minimum, indikasinya adalah sudah terjadi kebocoran sistem rem. Kerusakan ini bisa mengakibatkan rem blong .

(kpl/nzr/ahm)

BERI KOMENTAR