HOME » BERITA » INI ALASAN KIA BUKA TAHUN 2020 DENGAN MEMBOYONG SUV SELTOS

Ini Alasan KIA Buka Tahun 2020 dengan Memboyong SUV Seltos

Harapan terhadap kebangkitan Kia di Indonesia kembali muncul setelah di awal tahun ini KIA meluncurkan SUV All New Seltos

Selasa, 21 Januari 2020 16:15 Editor : Ahmad Muzaki
Ini Alasan KIA Buka Tahun 2020 dengan Memboyong SUV Seltos
Kia Seltos (Otosia.com/Nazarudin Ray)

OTOSIA.COM - Pasar mobil Korea di Indonesia tidak secemerlang brad-brand asal Jepang. Meski menawarkan fitur dan teknologi yang tidak kalah mentereng, mobil Korea tetap tidak bisa memenangi pertempuran dengan produk Jepang. Merek Kia adalah salah satunya.

Penjualannya terus terpuruk, dan puncaknya tahun lalu PT Kia Mobil Indonesia (KMI) selaku agen pemegang merek Kia di Indonesia tutup karena kesulitan keuangan. Namun tak lama dari itu diambil alih PT Kreta Indo Artha (KIA), anak perusahaan Indomobil Group, sebagai APM Kia yang baru.

Harapan terhadap kebangkitan Kia di Indonesia kembali muncul setelah di awal tahun ini KIA meluncurkan SUV All New Seltos.

1 dari 4 Halaman

Jenis SUV sengaja dihadirkan KIA sebagai model pertama mereka di 2020. Pasar SUV yang terus begerak naik menjadi alasan utama KIA merilis SUV lebih dulu di Tanah Air..

"Kenapa SUV dulu? karena pertumbuhan pasar di segmen ini sangat pesat. SUV trennya terus naik, untuk itulah kita perkenalkan Seltos," ujar Andrew Nasuri, Presiden Direktur KIA.

Di samping trend SUV yang terus naik, Kia Seltos di India terbilang laris manis. Ini menjadi salah satu optimisme KIA bahwa hal serupa diharapkan akan terjadi di Tanah Air.

2 dari 4 Halaman

Kia Seltos yang dijual di Indonesia diimpor langsung dari India. Negeri Bollywood memang disiapkan khusus untuk memproduksi Seltos, baik untuk pasar domestik India maupun ekspor. KIA berharap kesuksesan India menjual Seltos menular ke Indonesia.

?Di India baru launching Agustus 2019. Saya dapat laporan baru 6 bulan saja, di sana sudah jualan sampai 60 ribu unit, dan SPK-nya sudah sampai 100 ribu unit. Kita dapat itu saja sudah Alhamdulillah. Ini bisa menarik konsumen di Indonesia. Jadi kita masih impor dari India karena karakter mobil di India sama dengan Indonesia. Untuk saat ini dapatnya dari India saja karena yang diproduksi di sana Seltos,? kata Ario Soerjo, Marketing & Develovement Division Head KIA.

3 dari 4 Halaman

Harga Ada Varian Mesin Bensin

Dari tiga varian yang didatangkan ke Indonesia semuanya bermesin bensin. KIA belum berminat untuk mendatangkan versi diesel. Kualitas bahan bakar solar di Indonesia menjadi sebab lain, KIA enggan memboyong varian mesin diesel 1.500cc. Ketiga varian bensin tersebut dinilai cocok dengan kondisi pasar SUV di Indonesia

?Mesin berteknologi DCT-nya sangat kompetitif. Kita lihat performance dan konsumsi bahan bakarnya juga bagus. Kalau diesel, yang booming kan B30, bukan dieselnya. Itu hanya dikait-kaitkan saja. Tapi kita masih pelajari, seberapa besar kompatibelnya B30 dengan mesin yang ada. Masih ada Pertamax Dex, kita masih pelajari,? papar Ario.

4 dari 4 Halaman

All-New Kia Seltos yang dipasarkan di Indonesia dibekali mesin Kappa 4-silinder 1,4-liter (1.353 cc) turbocharger. Tenaga dihasilkan sebesar 140 PS di putaran mesin 6.000 rpm, dengan torsi maksimum 242 Nm di rentang 1.500-3.200 rpm.

Seluruh daya tersalur menuju roda depan (FWD) melalui transmisi otomatis kopling ganda (DCT) 7-speed.

Seltos hadir dalam 3 varian, E, EX dan EX+, dan ditawarkan dengan harga Rp 295 juta untuk varian E, Rp 320 juta untuk varian EX dan Rp 355 juta untuk varian tertinggi EX+ (OTR Jakarta).

BERI KOMENTAR