HOME » BERITA » INI ALASAN MENGAPA HONDA ADV 150 PAKAI SHOCK TABUNG

Ini Alasan Mengapa Honda ADV 150 Pakai Shock Tabung

Honda mengungkapkan alasan mengapa skutik ADV 150 menggunakan shock model tabung. Salah satunya adalah menjaga kestabilan saat melewati jalan offroad.

Sabtu, 29 Mei 2021 19:15 Editor : Nazarudin Ray
Ini Alasan Mengapa Honda ADV 150 Pakai Shock Tabung
Sub tank rear twin supension pada Honda ADV 150 (Otosia.com/Nazar Ray)

OTOSIA.COM - Shockbreaker dengan tabung memiliki kelebihan dengan model biasa. Tidak heran jika peredam kejut model ini digunakan pada motor terbaru. Misalnya pada skutik Honda ADV 150. Shock dengan tangki tambahan ini juga disebut sub tank rear twin supension

Lantaran Honda ADV 150 memiliki kemampuan melalui medan onroad dan offroad ringan, motor ini selain didukung ban yang profilnya lebih kasar dan ban depan lebih tebal dibanding saudaranya PCX 160, juga menggunakan suspensi belakang kanan kiri model tangki tambahan diatas dengan merek Showa.

1 dari 5 Halaman

Lantas apa yang menjadi alasan digunakannya suspensi tabung pada ADV 150?

Menurut Oke Desiyanto, Instruktur Safety Riding Astra Motor Jawa Tengah, suspensi belakang dengan peredam kejut sub tank, lebih mampu membantu menjaga kestabilan kemampuan peredaman melintasi medan yang rusak.

Honda ADV 150

2 dari 5 Halaman

Kondisi permukaan lintasan yang tidak rata akan membuat frekuensi ayunan karena guncangan atau oskilasi makin sering terjadi, sehingga kondisi ini memaksa poros shock sering bergerak naik turun dengan frekuensi yang tinggi.

"Di sinilah dibutuhkan kinerja shock yang mampu menjaga performa kompresi dan rebound yang konstan," terangnya.

Kontruksi tangki tambahan memiliki saluran yang terhubung dengan tabung shock, didalamnya memiliki dua ruangan yang terpisah oleh membran yaitu ruang oli dan ruang udara.

3 dari 5 Halaman

Oli selain sebagai pelumas juga bertugas menjaga suhu poros shock agar mampu bekerja lebih lancar, dan bersama catridge yang terdapat orifice/katup mengatur rebound atau perlambatan poros shock untuk kembali ketitik awal.

Sedangkan ruang udara akan membantu untuk meredam terjadinya kompresi saat poros mengalami kejutan karena tekanan.

Shock model tabung menjaga kestabilan saat bermanuver

4 dari 5 Halaman

Sementara fungsi membran mencegah terjadinya gelembung bahkan buih udara dalam tabung yang bisa menurunkan kemampuan shock terutama saat mengalir di katup akibat gangguan kecepatan aliran karena kekentalan oli berubah dampak dari muncul buih udara.

"Kinerja shock ini juga terbantu adanya tambahan volume oli didalam shock yang ditampung di tangki tambahan tersebut sehingga mampu bekerja dengan lebih banyak pelumas serta menjaga suhu poros shock optimal dalam bekerja," paparnya.

5 dari 5 Halaman

Pada intinya, kata Oke, pemakaian sub tank rear twin supension untuk performa dan rebound lebih nyaman saat bermanuver atau melewati jalan jelek.

"Jadi akan lebih minim guncangan yang mengganggu saat mengendalikan motor dan makin stabil, ditambah dengan ban depan yang lebih tebal serta model stang tapered handle bar, menjadikan lebih ringan dalam menahan dan berbelok medan offroad ringan," pungkasnya.

BERI KOMENTAR