HOME » BERITA » INI ALASAN MENGAPA HONDA CITY SEDAN BELUM ADA TEKNOLOGI SENSING

Ini Alasan Mengapa Honda City Sedan Belum Ada Teknologi Sensing

Honda City di Indonesia belum disematkan Honda Sensing. Padahal versi luar sudah mempunyai peranti tersebut. Begini penjelasan HPM.

Minggu, 07 November 2021 10:15 Editor : Arendra Pranayaditya
Ini Alasan Mengapa Honda City Sedan Belum Ada Teknologi Sensing
Honda City hatchback RS (Honda)

OTOSIA.COM - Belakangan ini PT Honda Prospect Motor (HPM) cukup gencar memperkenalkan produk. Mulai dari Honda BR-V di bulan September, hingga peluncuran Honda Civic generasi ke-11 dan Honda City sedan generasi ke-5 belum lama berselang. Semua produk yang dirilis adalah model baru, bukan lagi facelift.

Yang menarik adalah peluncuran Honda City sedan. Dibanding mobil-mobil lainnya, sedan satu ini belum mengusung teknologi Honda Sensing, sama seperti versi hatchbacknya. Pada dasarnya Honda Sensing berfungsi sebagai peranti keselamatan canggih, menggunakan kamera ataupun radar.

Padahal Honda City di negara tetangga, seperti Malaysia dan Thailand sudah dilengkapi teknologi tersebut. Lantas mengapa Honda City di Indonesia tanpa Honda Sensing?

1 dari 4 Halaman

Penjelasan HPM

Ilustrasi Honda City dengan Honda Sensing (honda.co.th)

HPM kemudian memberi penjelasan. Alasannya, spesifikasi yang ditawarkan Honda sudah sesuai dengan target pasar yang mereka tuju.

"Kami nilai produk yang kami luncurkan, paling cocok untuk kebutuhan konsumen saat ini, mulai dari mesin, desain, dan sebagainya," jelas Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director HPM pada peluncuran virtual Honda Civic dan Honda City sedan terbaru.

2 dari 4 Halaman

Menurut dia, sebelum menghadirkan Honda Sensing pada sebuah model, HPM lebih dulu melakukan banyak riset. Mulai dari kebutuhan pasar, respon dari masyarakat, dan sebagainya.

"Sebelum kita menyematkan Honda Sensing, penting bagi kita untuk mempelajari apakah ini sesuai dengan target marketnya, apakah ini bisa diterima, dan lain sebagainya. Jadi banyak hal yang perlu kita pelajari sebelum kita memberikan fitur ini," ujar Ferdianto Budiono, Product Strategy Manager HPM pada kesempatan yang sama.

3 dari 4 Halaman

Kedepannya Honda Sensing akan dibenamkan pada seluruh model Honda, sesuai slogan keselamatan "safety for everyone" atau "keselamatan untuk semua".

"Memang nanti kedepannya, kita mempunyai mimpi untuk memberikan safety for everyone," tutupnya.

4 dari 4 Halaman

Honda Sensing

Fitur Honda Sensing (Honda)

Sedikit tentang Honda Sensing, produk canggih ini baru mulai bermunculan di produk Honda Indonesia baru-baru ini. Sementara mobil Honda di luar, seperti di Inggris dan Amerika Serikat, sudah menjadi standar di semua tipe.

Beberapa teknologi canggih di dalamnya mencakup Adaptive Cruise Control (ACC), Lane Keep Assist (LKA), Auto High Beam (AHB), serta Collision Mitigation Braking System (CMBS). Sementara model terbaru sudah dilengkapi tambahan Lane Trace Assist (LTA) dan Honda Lane Watch.

BERI KOMENTAR