HOME » BERITA » INI ALASAN MOBIL HARUS SEGERA DILAP USAI KEHUJANAN

Ini Alasan Mobil Harus Segera Dilap Usai Kehujanan

Setelah terkena air hujan, wajib hukumnya mobil harus segera dilap. Apa penyebabnya?

Kamis, 03 Januari 2019 17:15 Editor : Cornelius Candra
Ilustrasi mengelap mobil (Cudo.com.au)

OTOSIA.COM - Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) hujan akan mencapai puncaknya pada bulan Januari dan Februari. Selain dibutuhkan konsentrasi dan kehati-hatian berkendara saat jalan basah, merawat kendaraan di musim hujan juga tak kalah pentingnya, berbeda di saat cuaca panas.

Di kota-kota besar seperti Jakarta, kandungan asam pada air hujan juga cukup tinggi. Sementara di daerah yang dekat dengan pantai, zat garam lebih besar, yakni mengandung PH antara 3-5 yang cenderung basa. Ini berisiko menimbulkan karat pada mobil.

Sementara mereka yang tinggal di perkotaan dan area industri yang banyak pabrik, perlu mewaspadai polusi. Ketika polusi ini menyatu dengan udara dan bertemu dengan uap air di langit, hujan yang turun juga akan membawa polutan kembali ke bawah.

Kombinasi cuaca dan polutan di atas dapat menyebabkan mobil Anda mudah karat dan berjamur. Air hujan yang menempel di bodi mobil harus segera dilap dan tidak boleh dibiarkan sampai mengering sendiri, dan tidak boleh dibiarkan sampai mengering.

Soal ini, PT Suzuki Indomobil Sales menyarankan jika mobil terkena air hujan di daerah manapun, setelah sampai di tujuan, segeralah dibasuh memakai air biasa, lalu dilap sampai kering. Hal ini harus segera dilakukan karena kalau tidak risiko timbul jamur dan karat baik itu di kaca maupun bodi semakin besar.

Terlebih jika setelah kena air hujan, tiba-tiba kemudian cuaca panas lagi dan air tersebut kering dengan sendirinya karena sinar matahari, proses timbulnya jamur dan karat bisa menjadi lebih cepat.

Tapi ingat, ketika mengelap jangan gunakan kain sembarangan. Suzuki menyarankan penggunaan lap dibedakan. Lap yang sudah digunakan untuk bodi mobil jangan lagi dipakai untuk mengelap bagian mobil lain yang terkena hujan, seperti bagian kaca.

Kenapa harus dibedakan? Karena jika memakai lap yang sama, risiko bodi mobil atau kaca mobil tergores dengan partikel-partikel kecil yang terbawa saat mengelap bagian yang lain menjadi lebih besar.

(kpl/nzr/crn)

BERI KOMENTAR