HOME » BERITA » ALAT 'PENGUKUR PERASAAN' UNTUK SETTING 'KEPALA' MESIN MOTOR

Alat 'Pengukur Perasaan' Untuk Setting 'Kepala' Mesin Motor

Selasa, 09 Mei 2017 08:15

Alat 'Pengukur Perasaan' Untuk Setting 'Kepala' Mesin Motor
Foto: Istimewa
Editor : Ahmad Khoirudin

Otosia.com - Dalam waktu tertentu mesin sepeda motor butuh di servis, salah satu bagian yang perlu disetting yakni bagian klep. Namun perlu diketahui ada alat khusus untuk mengukur kerenggangan part di bagian head mesin sepeda motor.

Uniknya, alat tersebut diberi nama feeler gauge yang memiliki arti alat pengukur perasaan. Yang jadi pertanyaan, kok pengukur 'perasaan' padahal yang disetting adalah klep mesin?

Ternyata penamaan tersebut memang diambil dari segi cara penggunaan alat tersebut. Karena dalam mengukur kerenggangan klep mesin, setelah ditentukan titik mati atas (TMA) klep, bautnya kemudian dilonggari dan feeler gauge sesuai dengan standart ukuran yang sudah ditentukan diselipkan pada celahnya.

Menariknya, dalam memastikan ukuran ini biasanya mekanik menggerak-gerakan ujung klep untuk memperkirakan kerenggangan yang tepat. Nah ukuran tepatnya tersebut sesuai dengan perasaan sang mekanik.

Di Indonesia feeler gauge juga akrab dengan sebutan fuller klep. Fuller sendiri artinya 'lebih lengkap'. Diperkirakan nama tersebut karena satu set alat tersebut terdiri dari banyak 'daun' feeler gauge, sudah lengkap dengan berbagai ukuran.

 (kpl/rd)






Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2017-12-14
detail

BERITA POPULER