HOME » BERITA » INI BAHAYANYA BONCENG ANAK PAKAI KURSI TAMBAHAN

Ini Bahayanya Bonceng Anak Pakai Kursi Tambahan

Kursi tambahan untuk anak di sepeda motor ternyata justru membahayakan keselamatan anak.

Kamis, 21 Maret 2019 16:15 Editor : Cornelius Candra
Kursi tambahan anak di sepeda motor matik (Liputan6.com/ Herdi Muhardi)

OTOSIA.COM - Sepeda motor saat ini menjadi moda transportasi favorit emak-emak zaman now untuk antar jemput anak. Bahkan, mereka memasang kursi tambahan yang diletakkan di dek tengah.

Namun tahukah Anda, menggunakan kursi rotan tambahan itu sangat berbahaya bagi keselamatan si kecil yang duduk di kursi tersebut. Hal ini pun diungkapkan langsung pemerhati keselamatan jalan, Edo Rusyanto.

Kepada Fimela.com, Edo menyatakan keberadaan kursi rotan dapat mengurangi kemampuan pengendara menjaga keseimbangan ketika bermanuver, seperti berbelok.

€œJangan lupa, prinsip bersepeda motor adalah menjaga kestabilan atau keseimbangan si roda dua melaju di atas aspal," kata Edo.

Menggunakan kursi tambahan atau kursi rotan untuk menambah jumlah penumpang sama seperti melanggar UU No 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ), yang berisi bahwa sepeda motor untuk dua orang, yaitu pengendara dan satu penumpang.

Memang belum banyak informasi mengenai keselamatan dari kursi ini di masyarakat. Wajar jika kemudian kursi rotan ini dijual bebas di toko pinggir jalan atau pun secara online.

Padahal, menempatkan anak untuk duduk di kursi tambahan pada dek tengah justru akan meningkatkan risiko cedera jika terjadi kecelakaan.

Sumber: Fimela.com

(kpl/crn)

BERI KOMENTAR