HOME » BERITA » INI BEBERAPA TOOLS KIT YANG WAJIB TERSEDIA DI MOTOR

Ini Beberapa Tools Kit yang Wajib Tersedia di Motor

Untuk sepeda motor ada beberapa tools kit yang wajib tersedia agar jika terjadi masalah dapat segera memperbaikinya, tanpa harus ke bengkel

Sabtu, 15 Februari 2020 16:15 Editor : Ahmad Muzaki
Ini Beberapa Tools Kit yang Wajib Tersedia di Motor
Tools kit Tekiro (Otosia.com/Nazarudin Ray)

OTOSIA.COM - Perkakas atau tools kit otomotif harus dimiliki oleh pemilik kendaraan, baik roda dua maupun roda empat. Tools memang lebih digunakan sebagai peralatan mekanik di bengkel, namun ia juga adalah perkakas teknik yang memudahkan pemilik kendaraan membuka dan mengencangkan baut, atau hal-hal lain yang sifatnya mekanis.

Untuk sepeda motor ada beberapa tools kit yang wajib tersedia agar jika terjadi masalah dapat segera memperbaikinya, tanpa harus ke bengkel.

1 dari 3 Halaman

Menurut Suhendi Marketing Brand Manager PT Altama Surya Anugerah Distributor resmi Tekiro, Rexco dan Ryu, setidaknya ada beberapa perkakas yang wajib dimiliki dan perlu tersedia di bagasi motor.

Tools kit tersebut mencakup obeng, tang, kunci L, kunci pas dengan ukuran 10, 12, 14, 17, dan 21, pisau lipat multi guna, serta kunci busi.

"Ini sangat berguna jika terjadi masalah atau dalam kondisi darurat di jalan. Perkakas yang komplet akan sangat membantu. Jika bagasinya kecil, bisa memakai tools kit multifungsi. Tekiro punya produk ini," katanya.

2 dari 3 Halaman

Jika sudah memiliki tools kita lengkap untuk keperluan motor, jangan lupa untuk merawatnya. Iklim tropis dan lembab di Indonesia dapat mengundang korosi. Karena itu perkakas harus sering-sering disemprot cairan anti karat.

"Habis dipakai jangan langsung disimpan dalam boks. Sebaiknya semprot dulu pakai cairan atau pelumas anti karat. Setelah itu bisa dimasukan ke dalam boks. Ini berguna agar tools kit terlindung dari kondisi lembab. Bisa pakai Rexco 50 untuk anti karatnya," tukasnya.

3 dari 3 Halaman

Ia menyarankan agar memilih bahan tools kit yang baik, sehingga tidak mudah slek atau aus akibat sering digunakan membuka dan mengencangkan baut dan sebagainya. Jangan tergiur harga murah, salah-salah malah tidak bisa membuka baut jika dalam kondisi dibutuhkan akibat slek.

"Kalau bisa sih ingat-ingat kembali. Kadang kalau lagi dibutuhkan dia tidak ada. Coba diingat kembali, apakah dipinjam orang lain tapi belum dikembalikan. Atau memang lupa menaruhnya," imbuhnya.

BERI KOMENTAR