HOME » BERITA » INI CARA ATASI LAMPU INDIKATOR ENGINE CHECK ALL-NEW YAMAHA NMAX NYALA

Ini Cara Atasi Lampu Indikator Engine Check All-New Yamaha NMax Nyala

All-new Yamaha NMax mengalami masalah, padahal masih baru, yaitu lampu engin check tiba-tiba menyala.

Selasa, 04 Februari 2020 16:45 Editor : Cornelius Candra
Ini Cara Atasi Lampu Indikator Engine Check All-New Yamaha NMax Nyala
Instrumen panel all-new Yamaha NMax (Yamaha)

OTOSIA.COM - Sosial media belakangan ramai membahas masalah pada all-new Yamaha NMax. Lampu indikator engine check tiba-tiba menyala padahal unit masih benar-benar baru, bahkan pelat nomor pun belum jadi.

Mengutip dari Liputan6.com, setelah dibawa ke bengkel resmi, alat diagnostic membaca terdapat problem pada crankshaft position sensor dengan kode P0335.

General Manager Aftersales & Motorsport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) M. Abidin menjelaskan, menyalanya lampu indikator diakibatkan oleh kebiasaan mematikan mesin menggunakan side stand atau standar samping.

1 dari 2 Halaman

"Saya sudah simulasikan kenapa error, ternyata saat mesin motor menyala dimatikannya tidak menggunakan main switch tapi menggunakan side stand. Ini kemudian diinformasikan ke ECU lalu engine warning light menyala karena mengira adanya malfunction," terang Abidin di Yamaha DDS Cempaka Putih, Senin (3/2/2020).

Sementara itu, Service Education YIMM Ridwan Arifin mengklaim, lampu check engine yang menyala pada kasus ini tidak menunjukkan adanya kerusakan komponen ataupun mempengaruhi kinerja mesin.

"Motor sebenarnya masih bisa menyala, bekerja seperti biasa. Masih bisa digunakan normal," katanya.

2 dari 2 Halaman

Dirinya menyarankan agar konsumen tidak perlu khawatir dengan kondisi tersebut dan segera membawa motor ke bengkel resmi untuk menghilangkan lampu yang menyala pada panel indikator tersebut.

Untuk mengatasi masalah ini, motor yang bermasalah tersebut akan dihubungkan dengan Yamaha Diagnostic Tool (YDT) untuk kemudian dihapus data error engine check. Waktu pengerjaannya pun singkat.

"Konsumen (yang mengalami permasalahan ini) bisa langsung datang ke bengkel dan tidak dipungut biaya. Gratis," pungkasnya.

Sumber: Liputan6.com

BERI KOMENTAR