HOME » BERITA » INI DAMPAK BURUK OLI MOBIL DIBIARKAN MENYUSUT

Ini Dampak Buruk Oli Mobil Dibiarkan Menyusut

Kesibukan kerap membuat pemilik kendaraan tidak sempat mengganti pelumas mobilnya, bahkan terkadang lupa jadwal mengisi pelumas baru yang sudah pada waktunya. Jika demikian maka, oli akan berkurang atau kering. Padahal, oli mobil itu sangat penting bagi kesehatan mobil.

Senin, 14 Januari 2019 18:45 Editor : Ahmad Muzaki
Ilustrasi oli mobil (myzdegree.com)

OTOSIA.COM - Kesibukan kerap membuat pemilik kendaraan tidak sempat mengganti pelumas mobilnya, bahkan terkadang lupa jadwal mengisi pelumas baru yang sudah pada waktunya. Jika demikian maka, oli akan berkurang atau kering. Padahal, oli mobil itu sangat penting bagi kesehatan mobil.

Pelumas sangat penting untuk menjaga performa mobil, efisiensi, hingga keselamatan. Jika oli mobil sedikit, mobil akan cepat rusak. Sebab di dalam sebuah mesin, terdapat banyak bagian. Bagian-bagian ini bergerak sangat tinggi dan bergesekan satu sama lain.

Karena itu oli mobil jangan sampai dibiarkan kekeringan karena bisa menguap dan merusak segala komponen mesin.

Berikut dampak buruk oli yang dibiarkan menyusut atau kering:

Cincin piston rusak

Jika oli mobil Anda kering, mesin akan ngebul dan mengeluarkan asap putih. Pemakaian oli setelahnya juga jadi boros dengan tekanan kompresi rendah. Cincin piston haruslah terus rapat agar bisa mencegah terlalu banyaknya campuran bahan bakar udara yang masuk ke ruang oli.

"Untuk membetulkannya memang tidak terlalu mahal, tetapi lebih baik dicegah dengan sering mengganti oli secara berkala," sebut pihak TOP 1 Indonesia dalam berbagi tips pelumas.

Katup mesin rusak

Klep mesin mobil rusak dapat membuat oli di kepala silinder akan merembes dan masuk ke dalam ruang bakar, oli cepat habis, akan berasap tebal, busi cepat kotor dan cepat lemah. Hal itu membuat mesin mobil tidak sehat dan akan merambah ke bagian mesin lainnya.

Overheat

Jika volume oli berkurang, sistem pendinginan mesin akan terganggu. Penyebab suhu menjadi panas bukan hanya berasal dari pembakaran mesin, melainkan gesekan antara bagian-bagian mesin juga. Itulah mengapa oli mobil sangat penting untuk melapisinya agar gesekan halus dan mendinginkan.

Engine lock

Keausan yang terjadi di dalam mesin karena kurangnya oli membuat banyak komponen mesin yang tidak bekerja sesuainya.

Karena komponen mesin berbahan logam, pemuaian terjadi. Bila terjadi, putaran mesin mobil akan terhambat. Bila terjadi terus-terusan, mesin akan mengalami engine lock atau mesin mati. Kondisi ini akan menyebabkan mobil tidak bisa dijalankan atau diengkol karena porosnya mengalami pemuaian.

Supaya keempat hal di atas tidak terjadi, maka Anda harus sering melakukan pergantian oli secara berkala dengan oli mobil dengan kualitas baik.

(kpl/nzr/ahm)

BERI KOMENTAR