HOME » BERITA » INI DAMPAK MENCUCI MOTOR SAAT MESIN MASIH PANAS

Ini Dampak Mencuci Motor saat Mesin Masih Panas

Perlu diketahui, inilah dampak cuci motor jika mesin masih panas

Kamis, 19 November 2020 10:15 Editor : Ahmad Muzaki
Ini Dampak Mencuci Motor saat Mesin Masih Panas
Motor dicuci (gilamotor.com)

OTOSIA.COM - Agar tampilan sepeda motor tetap kinclong, salah satu caranya adalah dengan mencucinya. Aktivitas ini biasanya dilakukan di rumah atau ke tempat pencucian motor.

Namun karena kesibukan, banyak orang yang memilih ke tempat pencucian daripada mencuci sendiri. Paling sering adalah ketika pulang kerja.

Ketika berada di lokasi pencucian, motor biasanya akan langsung dibilas, padahal mesin masih dalam kondisi panas. Kebiasaan seperti ini ternyata memberikan dampak buruk pada sepeda motor.

Akan terjadi perubahan suhu drastis pada logam komponen motor yang masih panas apabila terkena air dingin secara tiba-tiba.

Bila hal ini dilakukan secara terus-menerus, atau dalam jangka panjang, salah satu dampak buruk yang bisa terjadi ialah blok mesin motor retak, seperti dilansir Federal Oil.

1 dari 2 Halaman

Biarkan Mesin Beristirahat Terlebih Dulu

Tak hanya itu, efek buruk lain yang mungkin muncul karena kesalahan ini ialah leher pipa knalpot berlapis krom berubah warna menjadi agak kekuningan.

Karena itu, pemilik disarankan membiarkan kendaraan beristirahat saat keadaan mesin masih panas. Berikan jeda waktu 5 sampai 10 menit sebelum akhirnya dicuci.

2 dari 2 Halaman

Mengurangi Panas

Dengan jeda waktu tersebut, mesin dan komponen di dalamnya bisa sedikit beristirahat dan suhunya berkurang sebelum akhirnya terkena air.

Tak hanya itu saja, hal ini juga membantu mengurangi risiko kerusakan yang bisa terjadi karena kesalahan mencuci kendaraan.

Penulis: Dian Tami Kosasih

Sumber: Liputan6.com

BERI KOMENTAR