HOME » BERITA » INI DIA 10 KLUB MOTOR YANG DOYAN TEBAR VIRUS ROAD SAFETY

Ini Dia 10 Klub Motor yang Doyan Tebar Virus Road Safety

Selasa, 25 September 2018 19:45 Editor : Cornelius Candra
Foto: Istimewa

OTOSIA.COM - Ajang Safety Campaign Award (SCA) 2018 yang diinisiasi oleh Adira Insurance telah menyaring 10 finalis komunitas sepeda motor terbaik yang kerap mengimplementasikan pentingnya keselamatan di jalan atau safety riding, baik di dalam klub maupun di luar komunitas.

Kesepuluh klub motor tersebut adalah CBR Club Indonesia (CCI) Region Bekasi, CBR Tangerang Club (CBR TAC), GSX Community Nusantara, Independent Bikers Club (IBC), Komunitas Suzuki Thunder Indonesia (Koster), KUTU Community, Suzuki Satria F 150 Club (SSFC) Region Depok, Sym Club Indonesia (SymCI), Verza Rider Community Indonesia (VRCI) Region Bekasi, dan Vixion Bekasi Club (VIXBEC).

Komunitas motor yang terpilih ini akan lanjut ke tahap implementasi. Pada tahap ini 10 finalis SCA akan didampingi oleh mentor-mentor berpengalaman di bidang road safety untuk mengimplementasikan kampanye keselamatan jalan yang telah dirancang pada tahap proposal.

Tahap akhir dalam rangkaian kegiatan SCA adalah Tahap Presentasi dimana komunitas atau klub motor yang terpilih akan diundang untuk melakukan presentasi di depan dewan juri.

Peserta SCA setiap tahunnya meningkat, itu artinya semakin banyak pula yang peduli akan pentingnya keselamatan di jalan. Dan kami masih terus konsisten untuk mengajak komunitas motor dikarenanakan mereka adalah komunitas dengan semangat solidaritas yang cukup kuat dan selalu menyebarluaskan virus road safety saat berkendara, ujar Tanny Megah Lestari, Business Development Division Head Adira Insurance.

Berbeda dari pelaksanaan SCA tahun lalu, tahun ini, proses untuk mengikuti SCA lebih komprehensif lagi. Seluruh peserta yang mendaftar pada 2018 berjumlah 120 peserta. Mereka mengisi formulir beserta memilih tema kampanye yang akan digunakan saat mengikuti ajang SCA. Setelah itu dipilih Top 50 dari peserta yang sudah mendaftar dan akan didampingi oleh mentor untuk mengikuti tahap pembuatan proposal. Setelah melalui proses penilaian akhirnya didapatkan 10 klub motor terbaik.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, Finalis SCA 2018 merupakan komunitas-komunitas baru yang mengikuti ajang ini, ujar Edo Rusdyanto, Ketua Dewan Juri SCA 2018.

SCA mendorong para biker membuat kegiatan kampanye yang unik dengan tetap mengacu pada konsep road safety yang baik dan benar. Pesan dari kampanye tersebut diharapkan dapat tersebar luas dan dapat memberikan impact yang berlipat ganda bagi peningkatan kesadaran masyarakat atas pentingnya keselamatan jalan.

Selain itu tujuan SCA mendorong keterlibatan komunitas dalam menyebarluaskan kampanye keselamatan jalan, serta memberikan contoh atau role model bagi komunitas lain dan masyarakat luas.

SCA merupakan ajang apresiasi yang diberikan kepada para biker yang tergabung dalam komunitas atau klub motor yang aktif mengampanyekan keselamatan jalan. Kegiatan ini merupakan rangkaian dari program corporate social responsibility Adira Insurance yang bertajuk kampanye I Wanna Get Home Safely!, yang bertujuan untuk menurunkan angka fatalitas kecelakaan di Indonesia.

Reporter : Nazarrudin Ray

(kpl/nzr/crn)

BERI KOMENTAR