HOME » BERITA » INI DIA BEDANYA SUNROOF, MOONROOF, DAN PANORAMIC ROOF

Ini Dia Bedanya Sunroof, Moonroof, dan Panoramic Roof

Kamis, 12 April 2018 12:45 Editor : Cornelius Candra
Foto : Sunroof / Autobytel.com

OTOSIA.COM - Banyak yang beranggapan bahwa setiap kaca di atap mobil adalah sunroof. Ternyata, komponen tersebut, memiliki tiga varian dengan nama yang berbeda.

Dilansir dari Liputan6.com, setidaknya ada tiga jenis, yakni sunroof, moonroof, dan panoramic roof. Biasanya, part ini terdapat pada mobil mewah dengan harga di atas Rp400 juta.

Moonroof / subaru.com

Sebenarnya, ketiganya memiliki fungsi yang sama, yaitu untuk melihat pemandangan atau langit di atas mobil. Namun, ada beberapa perbedaan yang cukup signifikan.

"Untuk sunroof, atap kacanya bisa terangkat sebagian ke arah atas. Itu, yang biasanya digunakan di Indonesia dan mobil Jepang. Sedangkan moonroof, sama saja, namun sisi kaca yang terbuka atau bisa dibuka masuk ke dalam," jelas pemilik Garasi Sunroof, Dewa Indra.

Panoramic roof / hyundai.com.au

Sedangkan panoramic roof memiliki dimensi paling besar dibanding keduanya. Bahkan, aksesori mobil tersebut bisa mengambil porsi lebih dari 50 persen atap mobil.

"Memang terlihat lebih bagus, namun tidak semua mobil bisa dipasang panoramic roof. Selain itu, harganya juga lebih mahal dibandingkan sunroof atau moonroof," tegas Indra.

Bedanya lagi, panoramic roof bersifat paten, atau tidak bisa dibuka maupun ditutup. Karena dimensinya yang luas, penumpang pun lebih bebas untuk melihat langit. Ada juga panoramic roof yang dilengkapi dengan tirai sehingga tidak terlalu terik ketika siang hari.

Sumber : Liputan6.com

 (kpl/crn)

BERI KOMENTAR