HOME » BERITA » INI DIA PERBEDAAN TEKNIS MESIN PISTON DAN MESIN ROTARI

Ini Dia Perbedaan Teknis Mesin Piston dan Mesin Rotari

Kamis, 04 Januari 2018 17:15 Editor : Fajar Ardiansyah
Piston vs Rotari (Foto: Youtube Carthrottle)

OTOSIA.COM - Sebagian besar mesin mobil di bumi ini menggunakan sistem piston untuk menggerakkan kendaraan. Bahkan hal ini juga berlaku di sepeda motor. Dan sesuai narasi yang ditulis oleh CarThrottle, 90 persen kendaraan di dunia memiliki mesin 1 hingga 1,4 liter dan nyaris semuanya menggunakan piston.

Keberadaan mesin piston ini merupakan satu standar khusus yang memang sudah berlaku di khalayak ramai dalam penciptaan kendaraan. Tapi beberapa waktu berselang, Mazda melakukan eksperimen yang menghasilkan perbedaan cukup mencolok, di mana lewat SkyActiv Mazda kemudian menghasilkan mobil dengan mesin rotari yang cukup fenomenal.

Memang tak bisa disamakan dengan mesin EcoBoost yang super-hemat, tapi SkyActiv menawarkan teknologi dan efisiensi dalam berkendara.

Selain teknologi di atas, Mazda masih punya teknologi 'antimainstream' Rotary Wankel atau mesin rotari. Pengguna kendaraan akan merasa ada perbedaan signifikan yang hadir saat mereka mengendarai mobil biasa yang menggunakan piston, dengan mobil yang menggunakan sistem rotari seperti MX5 milik Mazda.

Tapi ada beberapa kelemahan yang membuat sistem rotari kadang masih jadi pilihan kesekian, salah satunya adalah keberadaan oli yang sangat cepat habis, dikarenakan mesin rotari membutuhkan oli untuk masuk langsung ke kamar mesin. Dengan demikian tak heran jika mobil sport Mazda bermesin rotari sering meletup-letup dikarenakan oli yang ikut dibakar. Simak detailnya, Gengs!

(kpl/fjr)

BERI KOMENTAR