HOME » BERITA » INI FUNGSI GARIS WARNA-WARNI PADA BAN BARU

Ini Fungsi Garis Warna-warni Pada Ban Baru

Rabu, 09 Mei 2018 14:45 Editor : Ahmad Muzaki
Foto: Muhammad Hafid Asisi

OTOSIA.COM - Ketika membeli ban baru, biasanya terdapat garis berwarna yang tercetak mengelililingi tapaknya. Jika Anda perhatikan garis ini memiliki warna dan motif yang beragam. Bahkan antara ban satu dengan yang lain memiliki guratan garis dengan warna yang berbeda. Lantas apa fungsi dari garis berwarna ini?

Menurut Deni Arief Pribadi selaku Department Manager Training and Product Evaluation PT Bridgestone Tire Indonesia (BSIN) garis tersebut merupakan indikator yang membedakan tipe, jenis atau ukuran antar ban. Hal ini bertujuan untuk mempermudah petugas gudang di pabrik dalam mencari ban sesuai ukurannya.

"Kalau di gudang ban itu warnanya hitam semua kan. Bisa bedakan enggak satu ukuran dengan yang lain? Makanya dikasi garis berwarna," jelas Deni di kantor pusat BSIN, Karawang, Jawa Barat, Selasa (08/05).

Soalnya ban yang disimpan di gudang biasanya ditumpuk, sehingga hanya memperlihatkan tapaknya saja. Tanpa adanya garis berwarna tersebut, petugas harus bekerja ekstra keras memilah ban sesuai ukuran atau jenisnya.

"Pada saat di gudang lebih mudah, karena kita melihat tapaknya bukan sampingnya," tutup Deni.

Reporter : Muhammad Hafid Asisi

(kpl/fid/ahm)

BERI KOMENTAR