HOME » BERITA » INI HUKUMAN PIDANA UNTUK PENGENDARA DI BAWAH UMUR, ORANG TUA WAJIB TAHU

Ini Hukuman Pidana untuk Pengendara di Bawah Umur, Orang Tua Wajib Tahu

Anak di bawah umur yang nekat mengendarai kendaraan bermotor di jalan raya bisa dijerat hukuman pidana. Sebab, anak di bawah umur belum memenuhi persyaratan berkendara seperti disebutkan dalam UU.

Jum'at, 03 Mei 2019 09:15 Editor : Dini Arining Tyas
Ilustrasi (Wahana Honda)

OTOSIA.COM - Semakin banyak terlihat anak di bawah umur yang berani mengendarai sepeda motor di jalan raya. Jika demikian, harusnya ada peran orang tua yang tak mengizinkan anak-anaknya mengendarai motor.

Sudah jelas bahwa orang yang diizinkan mengendarai motor di jalan raya adalah yang suda punya SIM (Surat Izin Mengemudi). Selain itu, bocah-bocah yang nekat mengendarai sepeda motor di jalan raya bisa sangat berbahaya, karena masih sangat labil.

Para orang tua perlu tahu, bahwa anak yang belum cukup umur yang nekat mengendarai motor bisa juga dihukum pidana. Sebelum mengizinkan anak-anaknya mengendarai sepeda motor, para orang tua sepertinya perlu lebih paham soal aturan berkendara yang sudah di atur melalui Undang-Undang, seperti dikutip dari laman Wahana Honda.

UU Nomor 22 Tahun 2009 pasal 77 ayat 1. Pasal itu mengatur bahwa siapapun yang mengemudikan kendaraan bermotor dibutuhkan Surat Izin Mengmudi (SIM) sesuai dengan kendaraan yang dikemudikan.

UU Nomor 22 Tahun 2009 pasal 81, yang menyebutkan tentang persayaratan usia yang layak mendapatkan SIM. Untuk mendapatkan SIM C dan SIM A, pengemudi harus berusia minimal 17 tahun.

Sedangkan untuk mengurus SIM B1 minimal usia yang dipersyaratkan adalah 20 tahun, SIM B2 minimal berusia 21 tahun.

UU Nomor 22 Tahun 2009 pasal 281. Dalam pasal ini juga disebutkan soal anacaman hukuman bagi pengendara motor yang tidak memiliki SIM. Bahwa, pengemudi yang tidak menunujukkan SIM bisa terjerat pidana kurungan penjara selama maksimal 4 (empat) bulan, atau denda maksimal 1 juta rupiah.

UU Nomor 22 Tahun 2009 pasal 310. Disebutkan bahwa, jika dalam kegiatan berkendara tersebut mengakibatkan kecelakaan yang menimbulkan korban jiwa, ada ancaman pidana yang pasti akan jatuh ke mereka yang tak memiliki SIM. Pidana tersebut adalah denda 1 juta hingga 12 juta rupiah hingga kurungan penjara 6 bulan sampai 6 tahun.

Nah, masih tega membiarkan anak-anaknya mengendarai kendaraan bermotor di jalan?

(kpl/tys)

BERI KOMENTAR