HOME » BERITA » INI JADINYA JIKA TIM F1 BIKIN CARRIER BAYI

Ini Jadinya Jika Tim F1 Bikin Carrier Bayi

Selasa, 03 Oktober 2017 19:45

Ini Jadinya Jika Tim F1 Bikin Carrier Bayi
Foto: Babypod20
Editor : Fitradian Dhimas

Otosia.com - Selain menjadi ajang untuk membuktikan siapa yang tercepat, pagelaran balap juga acap kali dianggap sebagai laboratorium berjalan, sebelum dapat dinikmati oleh masyarakat umum.

Salah satunya adalah teknologi serat karbon. Bahan material yang ringan nan kuat ini sudah sering digunakan oleh mobil-mobil mahal. Namun sekarang, material serupa juga digunakan untuk menyelamatkan nyawa.

Dibuat oleh tim F1 Williams, carrier bayi yang dinamai Babypod 20 didesain khusus untuk membantu proses pengangkutan bayi yang sakit kritis baik melalui mobil, ambulans, maupun helikopter.

Meski terlihat agak biasa, Babypod 20 merupakan hasil dari sebuah proses pengembangan yang intensif. Material yang digunakan untuk membuat Babypod 20 adalah serat karbon. Serat karbon ini merupakan material kuat yang juga digunakan untuk membuat mobil-mobil F1.

Bayi baru lahir yang sedang diawasi dengan ketat oleh petugas medis harus ditempatkan pada ruangan dengan suhu yang konstan. Bayi tersebut juga harus terlindungi dari berbagai getaran dan bunyi-bunyian.

Dalam kondisi ini, inkubator merupakan sebuah opsi yang kerap menjadi pilihan di rumah sakit. Akan tetapi inkubator cenderung tidak praktis karena memiliki bobot yang berat dan membutuhkan pasokan listrik dari luar. Seringkali dibutuhkan alat tambahan untuk memindahkan bayi dalam inkubator dari satu tempat ke tempat lain.

Oleh karena itu, William Advanced Engineering mengembangkan Babypod 20 sebagai alternatif praktis. Sebagai carrier canggih untuk bayi yang sakit, Babypod 20 memiliki bobot seringan tiga buah batu-bata yaitu 9,1 kg.

Desain yang dinamis juga membuat Babypod 20 tak menghabiskan banyak tempat ketika dibawa dalam perjalanan dengan berbagai moda transportasi.

Babypod 20 juga dilengkapi dengan kemampuan menahan goncangan hingga 20 G. Kemampuan ini dapat melindungi bayi jika kendaraan yang membawa bayi dalam Babypod 20 terlibat dalam kecelakaan.

 (kpl/fdk)







Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2017-12-14
detail

BERITA POPULER