HOME » BERITA » INI JENIS BBM YANG BANYAK DIGUNAKAN SAAT LIBUR NATAL

Ini Jenis BBM yang Banyak Digunakan Saat Libur Natal

Rabu, 26 Desember 2018 17:15 Editor : Ahmad Muzaki
Ilustrasi SPBU (Otosia.com/Nazarudin Ray)

OTOSIA.COM - Arus balik libur Natal sudah mulai bergerak sejak kemarin. Hal ini ditandai dengan mulai padatnya kendaraan di tol ke arah Jakarta sejak kemarin (25/12). Seperti diperkirakan sebelumnya, kebutuhan bahan bakar minyak (BBM) di periode tersebut meningkat.

Pertamina mencatat selama periode libur Natal, terjadi lonjakan kebutuhan BBM sebesar 10%, terutama jenis Pertamax.

VP Corporate Communications Pertamina Adiatma Sardjito menjelaskan bahwa peningkatan Pertamax sesuai dengan prediksi awal.

Selain bensin, peningkatan juga terjadi pada jenis gasoil atau bahan bakar mesin diesel. Adiatma menjelaskan, Pertamina Dex juga meningkat konsumsinya sebesar 9%.

"Pertamina Dex ini bahan bakar untuk kendaraan bermotor dengan mesin diesel modern. Saat ini, banyak konsumen yang menggunakan SUV mesin diesel keluaran terbaru yang spesifikasi mesinnya membutuhkan bahan bakar diesel dengan cetana number 53," ujarya.

Mobil sedang isi BBM di SPBU (Otosia.com/Nazarudin Ray)

Pada periode libur Natal dan Tahun Baru 2018 ini Pertamina memprediksi peningkatan konsumsi BBM akan terjadi pada sekitar tanggal 27, 29, dan 31 Desember 2018 dan akan kembali terjadi pada 5 Januari 2018.

Seperti diberitakan sebelumnya, libur Natal dan tahun baru 2019, PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region IV Jateng dan DIY membentuk satgas yang dimulai pada 18 Desember 2018 hingga 8 Januari 2019.

Beberapa program yang telah dipersiapkan Pertamina, di antaranya adalah memperkuat stok BBM & LPG dan menyiapkan beberapa fasilitas alternatif tempat pengisian BBM.

Penambahan fasilitas alternatif tersebut guna mempermudah masyarakat memperoleh akses mengisi BBM untuk kendaraannya selama mudik dan berwisata, yaitu dengan menempatkan 11 titik kiosk Pertamax di ruas tol yang dilengkapi dengan mobile dispenser dan BBM Kemasan.

Fasilitas ini akan disebar di beberapa jalur mudik regular, ruas tol serta di jalur wisata yang rawan dengan kepadatan.

Pertamina juga menyiapkan 32 SPBU Kantong dan 23 SPPBE Kantong di jalur pemudik regular (non tol) dan di jalur wisata. Mobile Storage/SPBU Kantong ini disiapkan guna memperpendek jarak dan waktu tempuh mobil tangki menuju titik lokasi SPBU untuk memenuhi kebutuhan suplai.

Reporter : Nazarudin Ray

 

 

(kpl/nzr/ahm)

BERI KOMENTAR