HOME » BERITA » INI KELEBIHAN JUAL MOBIL DI PELELANGAN

Ini Kelebihan Jual Mobil di Pelelangan

Menjual mobil lewat jasa pelelangan dapat menjadi salah satu alternatif. Cara ini terbilang cukup praktis. Sayangnya belum banyak yang memahami hal tersebut, lantaran kurang familiernya seni lelang di Indonesia.

Sabtu, 28 Oktober 2017 09:30 Editor : Ahmad Khoirudin
Foto: Istimewa

OTOSIA.COM - Menjual mobil lewat jasa pelelangan dapat menjadi salah satu alternatif. Cara ini terbilang cukup praktis. Sayangnya belum banyak yang memahami hal tersebut, lantaran kurang familiarnya seni lelang di Indonesia. Bahkan ada yang beranggapan jika menjual mobil di jasa pelelangan, harga yang dibanderol akan sangat rendah.

Memang mobil yang dilelang ditawarkan dalam kondisi apa adanya atau tidak direkondisi. Belum lagi biasanya mobil yang dilelang ditentukan harga dasarnya cukup jauh dari harga pasaran. Tak jarang lelang mobil lebih diincar oleh pedagang yang mengejar keuntungan.

Menurut Daddy Doxa Manurung selaku Chief Operation Officer PT Balai Lelang Serasi (Ibid) segala kemungkinan bisa terjadi. Namun, bagi kendaraan pribadi yang dititip lelang oleh konsumen perseorangan ada potensi harga jual yang didapatkan tinggi atau bahkan setera pasaran. Mengapa begitu?

"Kalau dilelang itu semua bisa terjadi. Kalau kondisinya bagus dan surat-surat ada, lengkap dan siap. Ini berbeda. Jadi orang datang beli, barang ready bisa langsung dibawa. Itu harganya bisa beda, bisa lebih tinggi lho," ucap Daddy

Kesiapan berkas seperti BPKB dikatakan Daddy memiliki poin tersendiri, apalagi di mata para pedagang. Pasalnya mereka harus melakukan perputaran modal dengan cepat. Sedangkan mobil lelang yang berasal dari perusahaan multi finance biasanya memiliki masa waktu penerbitan berkas yang cukup lama.

"Kalau dari multifinance itu berkas tidak ready. Kita harus bayar dulu baru berkas keluar. Karena makin lama BPKB, makin lama si pedagang ini ketahan uangnya untuk diputar. Kenapa harga bisa tinggi? Biasanya kalau yang beli pedagang, mobil dilempar ke daerah atau luar Jakarta dengan harga pasaran bisa lebih tinggi lagi," tutup Daddy.

(kpl/fid/rd)

BERI KOMENTAR