HOME » BERITA » INI PENYEBAB ANTREAN PERPANJANGAN SIM DI JAKARTA MEMBELUDAK

Ini Penyebab Antrean Perpanjangan SIM di Jakarta Membeludak

Ini penyebab antrean perpanjangan SIM membeludak dan solusi yang dilakukan pihak kepolisian

Kamis, 04 Juni 2020 14:45 Editor : Ahmad Muzaki
Ini Penyebab Antrean Perpanjangan SIM di Jakarta Membeludak
Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya saat meluncurkan layanan Surat Izin Mengemudi (SIM) online, Jakarta, Minggu (27/9/2015). Masyarakat dapat memanfaatkan layanan ini untuk memperpanjang SIM mereka. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

OTOSIA.COM - Sempat terjadi lonjakan antrean pemohon perpanjangan surat izin mengemudi (SIM) di beberapa kantor satuan pelayanan administrasi (Satpas). Hal itu diakui oleh Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnomo Yogo.

Melansir Liputan6.com, menurutnya, pemohon yang ada di dalam artrean adalah mereka yang masa berlaku SIM habis pada hari itu atau dua hari sebelumnya. Ada pula, yang masa berlakunya habis pada Maret, April dan Mei.

"Sehingga kemudian terjadilah lonjakan pemohon di unit-unit pelayanan kita terutama perpanjangan SIM," kata Sambodo saat dikonfirmasi, Kamis (4/6/2020).

Sambodo mengatakan, penyebab lainnya yakni belum dioperasikannya Mobil SIM keliling. "Semasa pandemi ini SIM keliling, tidak kita aktifkan," ujar dia.

Sambodo juga tegaskan jika ada sejumlah kebijakan agar bisa urai antrean pemohon, yakni salah satunya memperpanjang dispensasi perpanjangan SIM hingga 30 Juni 2020.

"Jadi masyarakat yang habis masa berlakunya pada hari-hari ini bisa melakukan perpanjangan SIM sampai dengan 30 Juni 2020," ucap dia.

Di samping itu, mobil pelayanan SIM sudah mulai dioperasikan kembali. Dia menyebut, ada dua unit mobil yang telah beroperasi di kawasan Jakarta Timur.

Hal ini, kata dia, untuk memecah antrean di Satpas SIM Kebon Nanas yang memang beberapa hari membeludak. Kemudian, ada juga mobil SIM keliling yang ditempatkan di Satpas SIM Daan Mogot.

"Kita perbantukan di Daan Mogot untuk mem-backup Satpas SIM Daan Mogot yang hari ini juga terjadi lonjakan pemohon perpanjangan SIM," ujar dia.

1 dari 1 Halaman

Tak Ada Penilangan SIM Mati hingga 30 Juni

Layanan perpanjangan SIM gratis di lokasi acara peringatakan Hari Kartini yang digelar Kepolisian dan BRI. (Dok Merdeka.com)

Layanan perpanjangan SIM gratis di lokasi acara peringatakan Hari Kartini yang digelar Kepolisian dan BRI. (Dok Merdeka.com)

Lebih lanjut, Sambodo imbau masyarakat tak perlu khawatir akan ditindak atau dikenai tilang oleh petugas karena masa berlaku SIM habis. Kebijakan ini akan dilakukan terus sampai 30 Juni 2020 mendatang.

"Saya sudah menyampaikan kebijakan ini kepada anggota di lapangan," ujar dia.

BERI KOMENTAR