HOME » BERITA » INI PENYEBAB MARKET SHARE SUZUKI CARRY PIKAP NAIK SAAT CORONA

Ini Penyebab Market Share Suzuki Carry Pikap Naik Saat Corona

Di saat pasar kendaraan penumpang turun, pangsa pasar mobil niaga ringan Suzuki Carry Pick-up justru naik saat pandemi COVID-19.

Jum'at, 26 Juni 2020 21:15 Editor : Nazarudin Ray
Carry Pick-up dewa penolong penjualan Suzuki (Nazar Ray)

OTOSIA.COM - Pandemi COVID-19 telah memukul penjualan mobil nasional. Tidak seperti mobil penumpang, nasib kendaraan niaga sedikit lebih baik. Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) turut andil dalam mendongkrak kendaraan niaga ringan selama corona.

Para pengusaha kecil dan menengah tetap membutuhkan dan mengandalkan pikap untuk menggerakkan roda usaha dalam kondisi seperti ini. Tidak heran jika Suzuki Carry Pick-up menjadi dewa penolong penjualan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) di masa COVID-19.

"Kebutuhan akan mobil niaga ringan seperti New Carry tetap ada meski dalam kondisi pandemi seperti sekarang, terutama dari pengusaha UMKM. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya kontribusi New Carry Pick-up terhadap total penjualan nasional dari 8% di periode Januari-Mei 2019 menjadi 10% di periode yang sama tahun ini," kata Dony Saputra, 4W Marketing Director SIS.

Hal lain yang mendongkrak penjualan Carry pikap menurut Dony, kebutuhan akan distribusi, terutama barang-barang ke masyarakat yang aktivitasnya lebih terbatas selama pandemi.

"Hal inilah yang mendorong peningkatan kontribusi New Carry Pick-Up terhadap total penjualan Suzuki pada periode Januari-Mei 2020. Pada periode tersebut, total penjualan ritel New Carry Pick-Up tercatat sebanyak 15.021 unit atau berkontribusi sebesar 50%," paparnya.

Pangsa pasar New Carry Pick-Up sendiri naik, dari 54,5% di periode Januari-Mei 2019 menjadi sebesar 59,4% pada periode Januari-Mei 2020.

"Raihan ini membangun optimisme kami untuk terus berupaya menggerakkan kembali perekonomian Indonesia. Kami harap wabah ini cepat berlalu dan Suzuki Indonesia akan terus memberikan yang terbaik dalam fase pemulihan ini," tutup Donny.

(kpl/nzr)

BERI KOMENTAR