HOME » BERITA » INI PENYEBAB MELEDAKNYA SEDAN DI SPBU BATAM VERSI PERTAMINA

Ini Penyebab Meledaknya Sedan Di SPBU Batam Versi Pertamina

Kamis, 18 September 2014 15:25

Ini Penyebab Meledaknya Sedan Di SPBU Batam Versi Pertamina
spbu terbakar. ©2012 Merdeka.com/dwi narwoko
Editor : Merdeka

Otosia.com - Pertamina menduga kebakaran yang terjadi di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum Pandan Wangi Kota Batam pada Kamis siang disebabkan oleh korsleting yang dialami kendaraan yang sedang mengisi bahan bakar.


"Penyebabnya korslet di mobil pengisian yang menjalar hingga pompa dan menyebabkan ledakan," kata Humas Pertamina Region I Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) Fitri Erika di Batam, Kepulauan Riau, seperti dikutip dari Antara, Kamis (18/9).


Pertamina sudah menurunkan Health Safety and Environment untuk mengetahui penyebabnya ledakan dan kebakaran di SPBU Pandan Wangi Batam. "Sekarang SPBU sudah di garis polisikan untuk kepentingan mencari tahu penyebabnya," kata dia.


Demi kepentingan penyelidikan, Pertamina juga masih belum akan mengoperasikan seluruh fasilitas pengisian bahan bakar di SPBU Pandan Wangi. "SPBU belum dioperasikan, harus dicek dulu, jalur listrik dan sebagainya," kata dia.


Pertamina masih harus mengecek seluruh pompa pengisian bahan bakar, sebelum mengoperasikan kembali seluruh pelayanan di SPBU. "Semua pompa dan kegiatan operasi dipastikan aman, baru akan dibuka kembali," kata dia.


Pertamina juga belum akan memeriksa pengelola SPBU untuk mengetahui dugaan kelalaian dari pelayanan pengisian bahan bakar, hingga menyebabkan kebakaran.


Mengenai pelayanan SPBU, dia mengatakan sebenarnya Pertamina sudah memiliki standar yang dipatuhi semua SPBU. Pertamina juga kerap memberikan pelatihan kepada petugas pelayanan di SPBU agar menjaga keamanan dan keselamatan dalam menjalankan tugasnya.


Di tempat yang sama, Ketua DPP Hiswana Migas Herry Purnomo mengatakan kemungkinan kebakaran yang disertai ledakan di SPBU Pandan Wangi disebabkan kendaraan yang mengisi bahan bakar tidak patuh aturan.


"Seharusnya, ketika mengisi bahan bakar itu kendaraan tidak boleh dalam keadaan menyala, tidak boleh merokok, itu yang menyebabkan kebakaran," kata dia.


Menurut dia, masih banyak masyarakat yang tidak mematuhi aturan dalam pengisian bahan bakar, sehingga memicu bahaya, seperti yang terjadi di Batam.
Baca juga:
Isi bensin, sedan tiba-tiba meledak dan bakar SPBU di Batam
Mobil Pickup terbakar di Tol Dalam Kota, lalu lintas padat
Honda CRV terbakar hebat di Tol Jakarta-Tangerang
Mobil meledak saat dikendarai, Lurah Mataram tewas terbakar
Avanza terbakar di SPBU Sentul saat mengisi BBM (mdk/jat/hhw)


Sumber : Merdeka.com






Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2017-8-28
detail

BERITA POPULER