HOME » BERITA » INI PENYEBAB SEBUAH MOBIL DISEBUT SEDAN, SALOON, DAN LIMOSIN

Ini Penyebab Sebuah Mobil Disebut Sedan, Saloon, dan Limosin

Mobil begitu akrab dengan masyarakat Indonesia. Bahkan, jenis yang beredar pun beragam, salah satunya adalah sedan.

Jum'at, 06 April 2018 17:45 Editor : Cornelius Candra
Foto : Peugeot 508 Saloon / peugeot.ie

OTOSIA.COM - Mobil begitu akrab dengan masyarakat Indonesia. Bahkan, jenis yang beredar pun beragam, salah satunya adalah sedan. Jenis ini identik dengan mobil kecil empat pintu dan kursi dua baris.

Namun, pernahkah terpikir kenapa konfigurasi itu disebut sedan? Beberapa model yang mirip pun memiliki nama berbeda, yakni limosin dan saloon. Lantas apa bedanya?

Dikutip dari Jalopnik.com, inilah perbedaan antara ketiganya :

1. Limosin

Kata limosin merujuk pada salah satu kota di Perancis, Limoges. Penduduk setempat kerap menggunakan jaket besar yang disebut limousin. Pakaian ini dilengkapi dengan penutup kepala layaknya topi.

Tak panjang seperti masa kini, dulunya jenis ini hanya bisa menampung empat orang. Selain itu, sopirnya berada di luar dan hanya dilindungi atap panjang.

Hal itulah yang membuat suatu mobil disebut sebagai limosin. Seiring perkembangan zaman, pengemudi pun dipindah ke dalam mobil.

2. Saloon

Ingatan yang muncul saat mendengar kata "saloon" ialah tempat koboi minum-minuman keras sambil mendengarkan musik. Ya, jenis mobil ini berasal dari sana.

"Saloon" berasal dari Bahasa Perancis yang berarti ruangan besar. Tak heran jika mobil dengan predikat "saloon" memiliki kabin penumpang yang luas.

Selain itu, pintunya pun mirip bar koboi itu. Jika pintu depan memiliki engsel di depan, maka bagian belakang memiliki engsel di belakang.

3. Sedan

Berbeda dengan saloon dan limosin yang berasal dari Bahasa Perancis, kata "sedan" merujuk pada Bahasa Italia, sedes/ sedere yang berarti kursi.

Dari situlah muncul istilah sedan pada awal tahun 1600-an. Bukannya mobil, sedan waktu itu ialah kursi tertutup dengan dua buah tiang dan diangkat oleh dua orang.

Istilah sedan baru merujuk pada mobil pada tahun 1911. Sedan pertama ini merupakan buatan Ohio, Amerika Serikat dengan nama Speedwell.

(kpl/crn)

BERI KOMENTAR