HOME » BERITA » INI PERBEDAAN TOYOTA AVANZA DAN DAIHATSU XENIA TERMURAH

Ini Perbedaan Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia Termurah

Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia masing-masing mempunyai versi termurah. Apa saja perbedaan di antara keduanya?

Sabtu, 08 Januari 2022 12:15 Editor : Arendra Pranayaditya
Ini Perbedaan Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia Termurah
Toyota Avanza E MT dan Daihatsu Xenia M MT (TAM, ADM)

OTOSIA.COM - Toyota dan Daihatsu November tahun lalu meluncurkan generasi terbaru LMPV andalannya, All New Avanza dan All New Xenia.

Kedua mobil itu mendapatkan perubahan besar, dari segi tampilan, interior, dan fitur. Bahkan Avanza dan Xenia kini menggunakan sistem penggerak roda depan (FWD).

Perubahan besar itu lebih terasa pada varan termahal. Untuk tipe termurah Avanza E MT dan Xenia M MT dibekali fitur-fitur yang relatif sama. Lantas apa saja perbedaan mendasar keduanya?

1 dari 4 Halaman

Eksterior

Toyota Avanza 1.3 E MT (TAM)

Dimulai dari sisi luar. Secara tampilan Avanza dan Xenia dibedakan dari fascia depan dan pelek. LMPV dari Toyota menggunakan grill besar bertingkat, sedangkan versi Daihatsu lebih sederhana dengan corak sarang tawon.

Lalu bagian kaki-kaki Avanza dipermanis dengan pelek alloy berwarna perak, sementara Xenia masih menggunakan pelek kaleng. Keduanya berukuran 15 inci dan sudah menggunakan PCD 5 baut.

Selebihnya, kedua mobil keluarga ini tidak jauh berbeda, seperti pencahayaan depan dan belakang LED, belum ada lampu kabut, dan belum ada High Mounted Stop Lamp (HMSL) di belakang.

2 dari 4 Halaman

Interior

Daihatsu Xenia 1.3 M MT (ADM)

Dari segi interior, perbedaan kedua mobil ini terbilang minim. Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia termurah sama-sama mengusung desain dasbor baru dengan head unit berkonektivitas Bluetooth, speedometer optitron dengan MID sederhana, power window, dan spion elektrik.

Tidak hanya itu, kursi menggunakan dengan mode "sofa", AC depan digital dengan double blower, belum ada armrest untuk baris kedua, serta colokan 12 volt di depan dan dekat rem tangan.

Yang membedakan, Avanza sudah dilengkapi senderan kepala tengah untuk baris kedua, kursi ISOFIX, dan ada indikator sabuk pengaman penumpang di depan.

3 dari 4 Halaman

Harga

Fitur keselamatan Toyota Avanza sedikit lebih unggul. Mobil itu disematkan dual airbags, ABS, Hill Start Assist (HSA), serta Vehicle Stability Control (VSC). Dua fitur terakhir tersebut tidak ditemukan pada Xenia termurah.

Avanza dan Xenia termurah sama-sama memboyong mesin 1.300cc 1NR-VE dengan semburan tenaga 98 PS dan torsi puncak 121 Nm. Seluruh tenaga mesin disalurkan ke roda depan melalui transmisi manual 5 percepatan.

Untuk harga, saat ini Toyota Avanza 1.3 E MT dibanderol Rp 228,3 juta, sedangkan Xenia 1.3 M MT dijual Rp 212,2 juta.

4 dari 4 Halaman

BERI KOMENTAR