HOME » BERITA » INI SATU SEBAB SUNROOF TIDAK DAPAT MENUTUP RAPAT

Ini Satu Sebab Sunroof Tidak Dapat Menutup Rapat

Kendaraan yang sering terparkir di bawah terik matahari langsung dapat menyebabkan sunroof bocor dan tidak dapat menutut rapat.

Kamis, 03 September 2020 19:15 Editor : Nazarudin Ray
Ini Satu Sebab Sunroof Tidak Dapat Menutup Rapat
Ilustrasi sunroof kendaraan (Peugeot)

OTOSIA.COM - Selain memberi kesan mewah pada kendaraan, fiturSunroof atau panoramic sunroof tidak bisa dianggap sebagai pemanis semata. Seperti komponen lain, sunroof juga butuh perawatan, terlebih di Indonesia yang beriklim tropis.

Jika tidak dirawat pada kondisi cuaca di Indonesia, usia pakainya akan semakin singkat dan dapat menyebabkan kerusakan seperti kebocoran.

Sunroof pada dasarnya didesain tahan lama atau sesuai dengan umur mobil sehingga cukup awet. Namun perlakuan yang kurang tepat oleh pemilik mobil, kadang-kadang dapat mengganggu fungsi sunroof tersebut. Misalnya karet menjadi keras akibat sering terjemur sinar matahari secara langsung.

1 dari 2 Halaman

Jika lama dibiarkan, proses buka tutup kaca dapat menjadi tersendat dan sunroof tidak dapat menutup rapat. Merawat sunroof dan panoramic sunroof memang tak jauh berbeda dengan merawat kaca depan mobil.

Meski materialnya sama-sama kaca, hanya saja kaca pada sunroof dan panoramic roof lebih tebal dibanding kaca depan. Perlu diingat, setiap komponen pada kendaraan bermotor akan memiliki usia pakai.

Menurut Rafi?i Sinurat, Kepala Bengkel Astra Peugeot cabang Cilandak, mobil yang kaca di bagian atap sebaiknya diberi perhatian lebih. Ia menganjurkan jangan terlalu sering memarkirkan kendaraan yang terkena sinar mataharilangsung.

 

 

2 dari 2 Halaman

"Sebaiknya cari tempat yang teduh. Hal ini demi tetap menjaga komponen karet tetap lentur untuk jangka waktu yang lebih lama," imbuhnya.

Pemilik mobil ber-sunroof harus secara rutin memberikan perhatian, paling tidak sebulan sekali. Dalam melakukan perawatannya, ternyata tak melulu harus dilakukan di bengkel resmi.

"Pemilik mobil juga bisa melakukan perawatan sendiri terhadap sunroof dan panoramic sunroof mobilnya di rumah," pungkasnya.

BERI KOMENTAR