HOME » BERITA » INI SYARAT KHUSUS PERJALANAN JAUH SAAT PPKM DARURAT DIBERLAKUKAN

Ini Syarat Khusus Perjalanan Jauh Saat PPKM Darurat Diberlakukan

Pemerintah berlakukan PPKM Darurat, berikut syarat khusus perjalanan jauh

Kamis, 01 Juli 2021 15:45 Editor : Ahmad Muzaki
Ini Syarat Khusus Perjalanan Jauh Saat PPKM Darurat Diberlakukan
Kendaraan melintas di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta (Liputan6.com/Faizal Fanani)

OTOSIA.COM - Pemerintah resmi memberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat untuk Jawa dan Bali. Aturan ini sendiri mulai berlaku 3 hingga 20 Juli 2021.

Dengan adanya pemberlakuan ini, maka mobilitas masyarakat dan berbagai kegiatan akan dibatasi dengan mengikuti peraturan yang ada. Salah satunya, adalah penggunaan transportasi umum dan persyaratan perjalanan jarak jauh.

1 dari 2 Halaman

Berdasarkan dokumen "Panduan Implementasi Pengetatan Aktivitas Masyarakat pada PPKM Darurat di Provinsi Jawa dan Bali" yang diterima Liputan6.com, Kamis (1/7/2021), terdapat syarat khusus bagi mereka yang hendak melakukan perjalanan jauh.

Tertulis dalam poin III nomor 12, pelaku perjalanan domestik harus memiliki kartu vaksin minimal dosis I dan hasil tes swab antigen atau PCR sebelum bisa melanjutkan perjalanan.

"Pelaku perjalanan domestik yang menggunakan moda transportasi jarak jauh (pesawat, bis dan kereta api) harus menunjukkan kartu vaksin (minimal vaksin dosis I) dan PCR (H-2) untuk pesawat serta Antigen (H-1) untuk moda transportasi jarak jauh lainnya," demikian dikutip.

2 dari 2 Halaman

Transportasi Umum

Lebih lanjut pada nomor 10, transportasi umum seperti kendaraan umum, angkutan massal, taksi konvensional dan online dan kendaraan sewa/rental hanya diizinkan memiliki kapasitas maksimal 70 persen dengan protokol kesehatan yang lebih ketat.

Kemudian pada nomor 13 ditegaskan pula bahwa masyarakat harus memakai masker saat berkegiatan di luar rumah. Tidak diperbolehkan hanya memakai face shield tanpa masker.

Penulis: Arief Aszhari

Sumber: Liputan6.com

BERI KOMENTAR