HOME » BERITA » INI TIGA FUNGSI KOMPONEN KERAMIK PADA BUSI

Ini Tiga Fungsi Komponen Keramik Pada Busi

Salah satu material pada busi adalah keramik. Komponen ini ada pada insulator, dan memiliki tiga fungsi yang sangat vital pada distribusi dan pelepasan panas di busi.

Senin, 05 Oktober 2020 12:15 Editor : Nazarudin Ray
Ini Tiga Fungsi Komponen Keramik Pada Busi
Keramik alumina pada busi NGK (Nazar Ray)

OTOSIA.COM - Sebagai salah satu komponen dalam sistem pengapian, busi bertugas memantik campuran bahan bakar dan udara di dalam ruang bakar. Inilah proses yang disebut dengan kombusi. Fungsi lain dari busi adalah memindahkan panas dari ruang bakar mesin.

Sebuah busi sanggup beroperasi dalam kondisi yang ekstrem. Busi mampu bertahan terhadap tegangan tinggi sebesar 20.000 - 30.000 Volt.

Selain itu busi juga mampu bertahan terhadap proses pendinginan yang cepat melalui intake campuran udara dan bahan bakar (suhu normal) dan dari pemanasan melalui gas pembakaran 2000 - 2500 derajat celsius secara berulang-ulang.

1 dari 2 Halaman

Kekuatan dan peran busi tidak terlepas dari beberapa komponen yang digunakan. Salah satunya adalah insulator. Nah komponen ini terbuat dari bahan keramik alumina. Namun tidak sedikit yang bertanya-tanya, mengapa harus keramik dan apa fungsinya?

"Insulator busi NGK terbuat dari bahan keramik alumina. Mengapa pakai keramik? Tujuannya agar busi punya daya isolasi yang kuat ketika si listrik mengalir dalam tubuh internal si inti tembaga," beber Diko Oktaviano, Technical Support PT NGK Busi Indonesia.

Menurut Diko, pemakaian keramik juga membuat busi sanggup menahan perubahan panas secara tiba-tiba ketika si busi "disiksa" di ruang bakar. "Ini berhubungan juga dengan distribusi panas dan pelepasan panas, nah si keramik insulator bisa mencegah panas berlebih," terangnya.

 

2 dari 2 Halaman

Jadi pada intinya, lanjut Diko, keramik alumina punya tiga fungsi yang sangat vital pada busi. Pertama adalah mengantisipasi thermal shock atau perubahan panas secara tiba-tiba, dan kedua sebagai daya isolasi yang andal untuk mencegah bocornya listrik yang mengalir dari dalam tubuh busi melalui inti tembaga menuju ke ujung elektroda.

"Ketiga adalah konduktifitas thermal. Ini hubungannya dengan transfer panas. Kalau si insulator tidak kuat, efek yang terjadi bisa pecah," pungkasnya.

BERI KOMENTAR