HOME » BERITA » INI TIPS CARI OLI MOTOR MATIK YANG TEPAT

Ini Tips Cari Oli Motor Matik yang Tepat

Rabu, 09 Mei 2018 18:45 Editor : Cornelius Candra
Ilustrasi: Complex.com

OTOSIA.COM - Salah satu komponen yang sangat dibutuhkan kendaraan konvensional non-listrik ialah oli mesin. Pasalnya, cairan tersebut berfungsi sebagai pelumas untuk mengurangi gaya gesek.

Hal ini pula tentu saja harus digunakan pada sepeda motor, baik manual maupun matik. Akan tetapi, kali ini kita akan mengulas pelumas khusus matik. Sebab, motor matik menjadi favorit di Indonesia, baik kalangan muda maupun tua, atau wanita bahkan pria.

Perlu dicatat, jika Anda ingin membeli oli, tentu harus mengetahui oli mana yang cocok untuk motor matik Anda. Pasalnya, berbagai pabrikan telah memiliki oli sendiri. Namun begitu oli aftermarket juga banyak pilihannya, dengan berbagai kelebihan.

Memilih oli mesin yang berkualitas untuk sepeda motor matik ini sangat penting karena bisa menjaga performa sepeda motor . Untuk menjaga kualitas mesin, sebaiknya ganti oli mesin secara rutin.

Oleh karena itu, mengutip dari Liputan6.com situs resmi Wahana Honda memberikan beberapa tips memilih oli sepeda motor matik yang baik dan sesuai dengan kebutuhan, yakni:

1. Sesuaikan dengan Rutinitas

Menyesuaikan kebutuhan oli sepeda motor matik dengan rutinitas ini perlu dilakukan. Jika Anda sering melewati lalu lintas yang padat dan membuat sepeda motor sering berhenti, maka memerlukan oli yang memiliki zat aditif.

Motor yang sering berhenti ini akan membuat mesin cepat panas, dan zat aditif ini mampu mengurangi panas mesin sepeda motor.

2. Pilih Kekentalan

Oli yang dibutuhkan sepeda motor matik berbeda dengan sepeda motor lain. Sepeda motor matik membutuhkan oli dengan kekentalan yang tepat.

Sebaiknya jika Anda mencari oli mesin dengan kekentalan API SL (Standart American Petroleum Institute) L yang sangat sesuai dengan kebutuhan sepeda motor matik.

3. Pilih yang Berkualitas

Kini, telah banyak oli yang beredar di pasaran sehingga konsumen harus teliti dalam memilih. Disarankan untuk menggunakan oli yang telah memiliki sertifikat API dan JASO. Hal itu membuktikan bahwa cairan pelumas tersebut telah melalui uji kualitas yang dilakukan oleh American Petroleum Institute (API) dan Japanese Automotive Standard Association (JASO).

Sumber: Liputan6.com

(kpl/crn)

BERI KOMENTAR